Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 22 Januari 2019 | 02:04 WIB

Jaga Beras Tahun Politik, Jokowi Minta Genjot OP

Kamis, 27 Desember 2018 | 20:00 WIB

Berita Terkait

Jaga Beras Tahun Politik, Jokowi Minta Genjot OP
Menko Perekonomian Darmin Nasution - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menyambut libur pergantian tahun, Presiden Joko Widodo menugasi Perum Bulog untuk menstabilkan harga beras dan komoditas pangan lainnya.

Hal itu disampaikan disampaikan Menko Perekonomian Darmin Nasution usai bertemu Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (27/12/2018). Dalam pertemuan itu, Darmin ditemani Menteri BUMN, Rini Soemarno dan Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso. "Hanya pengecekan dan evaluasi. Sisanya tunggu waktu saja," kata Darmin.

Masih kata Darmin, Jokowi meminta laporan dari Kemenko Perekonomian serta Perum Bulog terkait informasi kenaikan harga beras di pasar. Diakui, harga beras memang naik namun tidak signifikan. "Secara garis besar tidak ada masalah," kata Darmin.

Tiga minggu dalam bulan Desember ini, terjadi kenaikan harga beras sekitar Rp40-Rp50 per kilogram (kg). Jadi memang angkanya tidak terasa memberatkan. "Presiden memerintahkan agar operasi pasar (OP) digenjot lagi," kata Darmin.

Sementara Buwas, sapaan akrab Budi Waseso mengatakan, pada 2 Januari 2019, Presiden Jokowi akan kembali melakukan pengecekan harga beras dan komoditas pangan. "Sebenarnya harga relatif stabil, kita ingin tahu kalau mengantisipasi kemungkinan Januari, Februari, Maret, ada kenaikan. Kita terus gelar operasi pasar. Kita juga pelajari serapannya seperti apa," papar mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) ini. [tar]

Komentar

x