Find and Follow Us

Rabu, 19 Juni 2019 | 14:58 WIB

Menhub Perkenalkan Peta Kuliner Trans Jawa

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 30 Desember 2018 | 13:01 WIB
Menhub Perkenalkan Peta Kuliner Trans Jawa
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Cirebon - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengunjungi Rest Area KM 207 (A) yang terletak di Tol Palimanan - Kanci, Kota Cirebon dan memperkenalkan Peta Kuliner Trans Jawa yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat pada 22 Desember lalu.

Peta Kuliner Trans Jawa ini diharapkan dapat membangkitkan perekonomian di masing-masing kota yang dilalui oleh ruas Tol Trans Jawa melalui bisnis kuliner. Hal ini sejalan dengan tugas dari Presiden untuk menciptakan konektivitas yang langsung bermanfaat bagi masyarakat.

"Ada tugas dari Pak Presiden kepada saya bahwa konektivitas itu harus. Tapi konektivitas yang seperti apa? yang deliver. Konektivitas yang deliver itu berarti punya arti bagi masyarakat. Pertama, berfungsi sebagai sarana perhubungan, tapi juga punya fungsi untuk membangkitkan ekonomi masyarakat di kota-kota yang dilalui," jelas Menhub.

"Nah oleh karenanya saya bersemangat sekali bahwa kuliner ini harus dibukukan karena saya sendiri kalau ke pergi kota-kota tertentu yang dicari adalah kuliner. Nah kalau kuliner ini bangkit, maka banyak sekali orang yang punya kesempatan untuk bekerja. Mereka punya kesempatan untuk mengembangkan bisnis," tambahnya.

Sampai dengan saat ini, terdapat 61 tempat peristirahatan pengemudi atau rest area yang tersebar di sepanjang ruas Tol Trans Jawa. Jumlah ini dianggap cukup untuk memfasilitasi para pengendara beristirahat. Namun, Menhub meminta kepada Jasa Marga untuk dapat memperluas tempat parkir pada rest area yang ada, agar dapat meingkatkan daya tampung pada saat tingkat kepadatan arus lalu lintas tinggi seperti pada musim mudik lebaran, Natal dan Tahun Baru.

"Sekarang ini setiap 15 km ada, jadi ada 61 rest area. Kita lihat memang pada saat hari-hari biasa atau libur seperti ini tidak ada masalah. Tetapi pada saat lebaran itu memang kurang tempatnya, harus disiasati dengan menambah tempat parkir. Jadi kalau saya bilang tetap saja segini dulu tapi tempat parkirnya diperluas supaya pada saat lebaran daya tampungnya lebih banyak," terang Menhub.

Bagi masyarakat yang ingin mengunduh Peta Kuliner Trans Jawa dari Kementerian Perhubungan dapat mengunjungi link berikut : http://hubdat.dephub.go.id/spesial-konten/dokumen-publikasi/umum/2671-peta-kuliner-trans-jawa-.

Usai mengunjungi Rest Area KM 207 (A) di Cirebon, Menhub Budi melakukan rampcheck bus serta tes urine bagi pengemudi di Terminal Tipe A Tegal. Dalam kesempatan ini Menhub menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pengemudi dan pengusaha bus karena hasil rampcheck maupun tes urine mendapat hasil yang baik.

"Hasilnya baik, tadi saya coba lampunya, remnya, rem tangannya baik. Dan saya berterima kasih kepada supir bis atau pengusaha yang melakukan itu. Saya minta ini dilakukan lebih intensif kepada Polda, Dishub, dan terminal. Tadi sempat lihat tes urin, dan semua bagus-bagus. Terima kasih para supir," ujarnya.

Kunjungan ke Terminal Tegal ini sekaligus dilakukan untuk mengecek terminal yang akan direvitalisasi oleh Kementerian Perhubungan pada bulan Januari mendatang.

"Saya bersama Pak Kapolda kita melihat Terminal Tegal ini karena Januari akan diserahterimakan ke pusat, kita akan melakukan suatu revitalisasi terhadap terminal ini," ungkap Menhub Budi, seperti mengutip dari laman resmi Kemenhub.

kunjungannya hari ini di Rest Area Cirebon dan Terminal kota Tegal, Menhub ditemani oleh para Millenial yang merupakan CPNS Kementerian Perhubungan. Para CPNS yang tergabung dalam Milenial Perhubungan ini diharapkan dapat turut menginformasikan kinerja Kementerian Perhubungan kepada masyarakat melalui media sosial.

Dalam kunjungannya, Menteri Perhubungan turut didampingi oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono, serta Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani.

Komentar

x