Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 21 Januari 2019 | 22:02 WIB

Chevron Ngaku Siap Lego Minyak Mentah ke Pertamina

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 3 Januari 2019 | 18:30 WIB

Berita Terkait

Chevron Ngaku Siap Lego Minyak Mentah ke Pertamina
PT Chevron Pasifik Indonesia - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Chevron Pasifik Indonesia mengamini pejualan minyak mentah ke PT Pertamina (Persero). Menyusul kesepakatan yang dibuat Chevron dan Pertamina.

"PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) dapat mengkonfirmasi bahwa kami telah mencapai kesepakatan dengan Pertamina untuk penjualan minyak mentah," kata Manager Corporate Communications PT Chevron Pacific Indonesia (CPI), Sonitha Poernomo, Jakarta, Kamis (3/1/2018).

Namun begitu, karena alasan internal perusahaan Chevron tak merinci detail berapa volume minyak yang dijual ke Pertamina. "Karena alasan komersial, kami tidak membicarakan pemasaran minyak mentah ataupun transaksi jual beli minyak mentah," kata Sonitha.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Djoko Siswanto mengatakan, Chevron sebagai kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) penghasil minyak terbesar hasil mengelola Blok Rokan akan menjual minyak bagiannya sebanyak 90 ribu barel per hari (bph) ke Pertamina. "Yang paling besar kan Chveron (90 ribu bph)," kata Djoko di Kementerian ESDM, Rabu (2/1/2019).

Selain Chevron, kata Djoko ada beberapa KKKS lagi yang kabarnya sudah membuat kesepakatan menjual minyak mentah bagiannya langsung kepada Pertamina. Djoko menyebutkan nama Exxon Mobile juga sudah membentuk kesepakatan kepada pertamina.

"Nanti kalau gak salah Exxon itu yang dari Cepu. Tapi besaran "30 ribu itu belum deal. Tetapi yang lain (bagian negara) 180an lebih 190 (ribu) itu sudah pasti Pertamina, itu yang cepu," kata Djoko. [ipe]


Komentar

x