Find and Follow Us

Rabu, 17 Juli 2019 | 16:27 WIB

Garap Blok Mahakam, Target Migas Pertamina Dikerek

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 10 Januari 2019 | 01:09 WIB
Garap Blok Mahakam, Target Migas Pertamina Dikerek
Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati bilang, target produksi migas pada tahun ini, mencapai 921,54 juta barel. Naik ketimbang 2018 sebesar 906,41 juta barel.

Adanya kenaikan target produksi ini, kata dia, karena ada banyak wilayah kerja (WK) yang dikelola Pertamina pada tahun ini. Meski WK yang didapat Pertamina merupakan sumur yang berumur tua, namun Pertamina akan berusaha menekan decline produksi.

"Tambahan beberapa WK yang sudah dialihkan pada 2018 yaitu Blok Mahakam, prosesnya Agustus. Wilayah Kerja migas yang baru masuk ini, adalah WK mature. Sehingga kita harus jaga, supaya produksinya tidak menurun. Yang kita lakukan tahan declining rate dari WK," kata Nicke di Gedung DPR, Rabu (9/1/2018).

Sedangkan target lifting migas tahun ini dipatok 735,40 MBOEPD atau meningkat 101% dibandingkan tahun lalu, sebesar 724,89 MBOEPD. "Jadi kami tetapkan lifting harian bersama Kementerian ESDM," ujar Nicke yang sebelumnya menjabat direktur PLN itu.

Sementara, Direktur Hulu Pertamina, Dharmawan Samsu menjelaskan, untuk bisa mendongkrak produksi rencananya pada tahun ini Pertamina akan mengebor 103 sumur Blok Mahakam. Sebab, sejauh ini Blok Mahakam lah yang menjadi tumpuan Pertamina. Dari 103 sumur ini rencananya akan dibor melalui 5 rig. "Jadi kalau 103 sumur selama satu tahun, kira kira 3 hari sekali lah kita ngebor satu sumur," ujar Dharmawan.

Dharmawan menjelaskan target produksi Pertamina tahun ini 80 persen akan disokong dari produksi dalam negeri. Sisanya dari aset luar negeri.[ipe]

Komentar

x