Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 22 Januari 2019 | 02:15 WIB

Konsumsi Setrum RI Belum Juara di Asia Tenggara

Jumat, 11 Januari 2019 | 03:09 WIB

Berita Terkait

Konsumsi Setrum RI Belum Juara di Asia Tenggara
Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Andy Noorsaman Sommeng - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Andy Noorsaman Sommeng bilang, konsumsi setrum Indonesia di bawah Malaysia dan Singapura.

Saat ini, kata dia, rata-rata konsumsi listrik Indonesia mencapai 1.064 kWh/kapita. "Bukan paling kecil. Ya tapi kalah dengan Malaysia, kalah dengan Singapura. Malaysia itu sudah 4.000 kWh/kapita. Singapura 8.000 kWh/kapita. Kita baru 1.064 kWh/kapita. Tahun ini diharapkan 1.200 kWh/kapita," kata dia saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Khusus untuk konsumsi listrik di DKI Jakarta, menurut Sommeng, mampu menyamai Malaysia. Rata-rata konsumsi listrik di ibu kota mencapai 3.5000 hingga 4.000 kWh/kapita. "Jadi kalian kalian ini sudah di negara cukup baik kalau tinggalnya di Jakarta. Tapi kalau saudara saudara kita di NTT tadi itu harus kita kejar supaya jika nantinya kWh/kapitanya tinggi," kata dia.

Sommeng bilang, saat ini, sangatlah berbeda dengan waktu lalu. Jumlah konsumsi listrik pada waktu itu masih dibatasi, sedangkan sekarang diperbolehkan untuk menambah peningkatan daya listrik.

"Sekarang mau nambah daya berapapun bisa apalagi kaya di Jakarta. Dengan meminta listrik sambungan premium. Bisa di Jakarta. Contohnya sekarang kenapa kita sudah menjadi indikator listriknya sudah cukup baik di Jakarta? (Bisa dilihat) saat Asian Games bagaimana kembang api, permainan lampunya, sedikitpun tidak menggangu. Cukup berbanggalah dengan kondisi listrik sekarang," ujar dia. [tar]

Komentar

x