Find and Follow Us

Minggu, 16 Juni 2019 | 14:36 WIB

Bos PLN Ungkap Rencana Akuisisi Tambang Batubara

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 11 Januari 2019 | 19:27 WIB
Bos PLN Ungkap Rencana Akuisisi Tambang Batubara
(Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir mengakui adanya rencana PLN mengakuisisi tambang batubara.

Langkah tersebut, kata Sofyan bertujuan untuk mempermudah PT PLN dalam memenuhi pasokan batubara. Saat ini, rencana tersebut masih dalam tahap perhitungan dan negoisasi.

Menurutnya, akuisisi lahan untuk memastikan pemenuhan pasokan batubara untuk pembangkitnya yang direncanakan 30-40 persen batubara sumbernya dari perseroan.

Selain itu, kata Sofyan, kepemilikan lahan tambang batubara jauh lebih efisien dibandingkan harus membeli. Semisal terkait kepastian harga, dan kepastian pasokan.

"Ya supaya kita bisa lebih efisien. 60% dari swasta 40% dari PLN, itu harapan ke depan, mugkin kerja sama juga dgn PTBA," kata Sofyan di Kementerian ESDM, Jumat (11/1/2019).

Tapi, kata dia, untuk bisa merealisasikan ini, PLN membutuhkan dana yang tidak sedikit. Kata dia, sumber pendanaan bisa saja didapat PLN darimana saja, tetapi belum bisa dipastikan pada tahun ini.

Sayangnya, Sofyan belum membeberkan berapa nilai investasi rencana akuisisi tambang tersebut. Pasalnya, kata dia, rencana akuisisi baru bisa dilaksanakan tahun depan.

"Mungkin baru tahun depan kita laksanakan. Tahun ini kita berhitung benar benar. Mungkin 1-2 tahun ini, tapi yang besar nanti tahun depan," ujar Sofyan.

Tahun lalu, rencana akuisisi lahan tambang juga sempat dilakukan oleh PLN. Sembilan lahan tambang direncanakan oleh PLN untuk diakuisi pada tahun lalu. Sembilan tersebut antara lain ada di Riau juga Jambi. sedangkan lima lahan tambang lainnya yang berada di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur. [ipe]

Komentar

x