Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 Februari 2019 | 23:10 WIB

Mimpi Besar Bos PLN Murahkan Tarif Listrik

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 17 Januari 2019 | 13:09 WIB

Berita Terkait

Mimpi Besar Bos PLN Murahkan Tarif Listrik
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah sudah memastikan tidak akan kenaikan tarif dasar listrik (TDL) sampai akhir 2019 ini. Direktur Utama PT PLN (Persero), Sofyan Basir, malah ingin menurunkan harga setrum alias TDL.

"Kalau dikasih izin mimpi, tarif listrik itu jangan naik lagi, tapi mestinya turun," kata Sofyan di Hotel Mulya, Jakarta, Rabu (16/1/2019) malam.

Sebab, kata dia, kontrak jual beli program listrik 35 ribu MW memungkinkan TDL ini turun. Jadi, kata Sofyan, bukan mustahil listrik akan turun apabila semua proyek itu selesai.

"Dulu itu pembangkit Jepang di atas 7 sent per kwh, China 6 sent per kwh. Kami hari ini tanda tangan China 4 sent, Jepang 5 sent. Berartikan harga PLN terbawa turun harga pokoknya larena yang baru turun, ini mimpi kami," ujar dia.

Kemudian, dia yakin kedepan konsumsi listrik akan terus tumbuh. Hal ini seiring dengan beralihnya mobil berbahan bakar fosil (BBM) menjadi listrik, dan kompor listrik.

"Jadi kami yakin bisa menurunkan tarif. Tapi itu by desain dengan perencanaan, itu mimpi kami, yang mahal mahal kita buang, EBT sudan mulai turun, seperti angin di jeneponto, sidrap, itu dulu feed in tarif 18 sent kami deal 10 sent, solar panel dulu 22 sent, kita kontrak 6,7 sent, sampah, air dan lain sebagainya," ujar dia.[ipe]

Komentar

Embed Widget
x