Find and Follow Us

Senin, 22 April 2019 | 02:19 WIB

Penyumbang Inflasi Januari Adalah Sektor Pangan

Oleh : Indra Hendriana | Sabtu, 19 Januari 2019 | 11:15 WIB
Penyumbang Inflasi Januari Adalah Sektor Pangan
Gubernur BI Perry Warjiyo

INILAHCOM, Jakarta - Bank Indonesia (BI) memprediksi inflasi pada bulan Januari 2019 sebesar 0,5 persen. Hal tersebut berdasarkan survei pemantauan harga (SPH) hingga pekan ketiga Januari 2019.

"Estimasi kami inflasi bulan Januari itu adalah 0,5 persen mtm (mont to mont). Sementara year on year-nya (yoy) itu 3,0 persen," kata Gubernur BI Perry Warjiyo, Jakarta, Jumat (17/1/2019).

Menurut dia, inflasi terjadi karena ada kenaikan beberapa komoditas pangan nasional. Di antaranya bawang merah, daging ayam ras, dan tomat sayur. Kenaikan harga juga terjadi pada emas dan perhiasan.

Namun begitu, klaim dia, sebagian besar harga-harga komoditas terkendali. Pasokan bahan pangan pun tersedia sehingga perkembangan harga-harga secara nasional di Januari 2019 stabil.

"Secara keseluruhan bahwa inflasi tetap rendah dan terkendali," tegas Perry.

Sementara itu, Perry yakin inflasi di 2019 berada pada titik tengah sasaran kisaran 3,5 plus minus satu persen. "Insyaallah perkembangan ini, berkoordinasi dengan pusat dan daerah, inflasi bisa di bawah 3,5 persen," kata dia.

Adapun pada Desember 2018, penyebab inflasi terbesar terjadi pada bahan makanan sebesar 1,45 persen dengan andil terhadap inflasi sebesar 0,29 persen. Kenaikan harga terjadi pada bahan makanan seperti telur ayam ras, daging ayam ras, bawang merah, dan beras.[jat]

Komentar

Embed Widget
x