Find and Follow Us

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 23:14 WIB

Forkom Koperasi Sambangi Pengungsi Tsunami Sulteng

Sabtu, 19 Januari 2019 | 14:17 WIB
Forkom Koperasi Sambangi Pengungsi Tsunami Sulteng
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Palu - Forum Komunikasi Koperasi Besar Indonesia (Forkom KBI) serahkan sumbangan kepada korban gempa bumi dan tsunami Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Rombongan beranggotakan Irsyad Muchtar selaku Koordinator Forkom KBI; Ketua Umum Kospin Jasa, Andi Arslan Djunaid; Direktur PT Berkah Dua Visi, Yuni Hegarwati; Wakil Ketua Kopsyah Benteng Mikro Indonesia, Radius Usman; Nur Hidayah dari KSP Sejahtera Bersama; serta Yaskuna dari Mandiri Healthcare, tiba di kantor Gubernur Sulteng, Kamis (17/1/2019). Rombongan diterima Sekretaris Pemprov Sulteng, Muhamad Hidayat.

Pihak Pemprov memberikan paparan singkat tentang perkembangan penanganan korban yang saat ini masih tinggal di beberapa titik pengungsian. Yang menjadi prioritas saat ini adalah pembangunan hunian bagi korban. Direncanakan membangun 699 unit hunian. namun sejak dicanangkan 3 bulan lalu, baru terealisasi 210 unit.

Selanjutnya, Irsyad bersama rombongan menyerahkan bantuan dana cash senilai Rp500 juta. Bantuan itu langsung diterima Hidayat, selanjutnya dialokasikan untuk keperluan pengungsi. Semisal, penguatan modal usaha, alat dapur, dan kebutuhan sehari hari. Rombongan berkesempatan menyambangi tempat pengungsian di Baraloa, Palu. Bantuan berupa uang cash dan mainan diberikan kepada para ibu dan anak-anak sekolah,

Keesokan harinya, Jumat (18/1/2019), Forkom KBI blusukan di sejumlah titik pengungsian di Kota Palu, dan Kabupaten Donggala. Kali ini, Forkom KBI menyerahkan bantuan berupa paket sembako dan uang tunai senilai Rp113,5 juta.

Di posko pengungsian, Jalan Muara, Kelurahan Boya, Kecamatan Banawa, Donggala, diketahui sebanyak 41 orang meninggal dunia. 29 korban berhasil ditemukan, sedangkan sisanya dinyatakan hilang.

"Bantuan kemanusian ini kita berikan kepada para korban sebagai bentuk rasa keprihatinan kita kepada mereka. Kita ingin berbagai supaya mereka bisa kembali semangat menjalani hidup," ujar Irsyad.

Irsyad mengatakan, Forkom KBI menginisiasi bantuan di Sulteng ini, dilandasi rasa kemanusiaan. Musibah yang terjadi menggugah rasa keprihatinan mereka untuk memberikan bantuan. Prioritas bantuan Forkom KBI berupa sembako dan uang tunai.

Andi Arslan Djunaid menjelaskan bantuan yang diberikan merupakan hasil sumbangan dari para anggota koperasi, dan warga lainnya yang pedul. Sumbangan dihimpun tidak lama setelah peristiwa gempa dan tsunami terjadi. Namun kali ini pihaknya baru berkesempatan menyalurkan kepada para korban.

Dari Donggala, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kelurahan Petobo, Kota Palu. Di sini ratusan hunian sementara yang dibangun oleh berbagai lembaga donor sudah ditempati para pengungsi. Forkom KBI lantas memberikan bantuan berupa 1.750 kantong beras, mainan anak, dan perlengkapan shalat. [tar]

Komentar

x