Find and Follow Us

Minggu, 16 Juni 2019 | 14:38 WIB

Luhut Anggap Kenaikan Tiket Pesawat Hal Biasa

Senin, 21 Januari 2019 | 18:22 WIB
Luhut Anggap Kenaikan Tiket Pesawat Hal Biasa
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan menilai kenaikan harga tarif pesawat terbang adalah hal yang biasa.

"Tidak ada masalah, kan bisa saja adjusment itu kan bisa. Cari equilibrium (penyesuaian) itu kan butuh waktu," kata Menko Luhut di kantornya, Senin (21/1/2019).

Luhut mengatakan, pemerintah tidak bisa melakukan intervensi terhadap kenaikan harga tiket pesawat yang dianggap sebagai penyesuaian dari kenaikan harga avtur. Sebagai regulator, pemerintah hanya dapat menentukan tarif batas atas dan tarif batas bawah.

"Kan tidak boleh kita juga intervensi market ya. Jadi biarlah market mechanism. Tapi pemerintah kan punya harga atas juga, jadi ya saya pikir Menteri Perhubungan sudah atur dengan bagus kok," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi membantah jika terjadi persekongkolan atau kartel antar maskapai untuk menaikkan harga tiket pesawat terbang. Menurut dia, tidak ada kesepakatan antar satu maskapai dengan maskapai untuk membuat harga tiket menjadi mahal.

"Kalau menurut saya tidak (kartel)," ujar dia di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Senin (21/1).

Namun demikian, Budi mempersilakan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) untuk menyelidiki hal ini lebih lanjut, jika memang ditemukan indikasi penyimpangan.[jat]

Komentar

x