Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 Maret 2019 | 00:23 WIB

Ini KKKS Penyumbang Kontaminasi Tanah 30 Ribu Ton

Oleh : Indra Hendriana | Senin, 21 Januari 2019 | 19:17 WIB

Berita Terkait

Ini KKKS Penyumbang Kontaminasi Tanah 30 Ribu Ton
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Setidaknya 30 ribu ton lebih tanah yang telah terkontaminasi oleh perusahaan pencari minyak dan gas bumi (Migas) sepanjang tahun 2018 lalu. Data ini tercatat oleh Kementerian Energi, dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Sekretaris Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Iwan Prasetya Adhi mengatakan, kontaminasi tanah dilakukan oleh enam perusahaan atau kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS). Tanah terkontaminasi disebabkan tumpahan, ceceran atau kebocoran limbah minyak bumi.

Adapun enam perusahaan itu adalah Chevron Pacific Indonesia sebanyak 27.275 ton, ConocoPhillips Grisik 19 ton, PetroChina Internasiona Jabung 1.697 ton, Medco E&P Natuna 0,2 ton, Pertamina EP 1.992 ton, dan Exxon Mobil Cepu 3,31 ton.

"Ini kelihtan perusahaan migas, tanah terkontaminasi 30.987 ton," kata Iwan, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (20/1/2019).

Menurut Iwan, biaya yang diperlukan atau yang harus dikeluarkan oleh enam KKKS itu senilai US$ 2,8 juta. Saat ini masalah itu sudah diserahkan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Menurut dia, Chevron di blok Rokan jadi penyumbang terbesar tanah yang terkontaminasi karena lokasinya yang luas. "Kan presentase dari luas kan. Kalauitu gede ya gede juga walaupun presentasenya kecil. Karena wilayah luas, apalagi sudah dari zaman belanda kan," kata dia.[jat]

Komentar

x