Find and Follow Us

Kamis, 22 Agustus 2019 | 15:30 WIB

Darmin Minta Bulog Jaga Harga Daripada Ekspor

Selasa, 22 Januari 2019 | 16:26 WIB
Darmin Minta Bulog Jaga Harga Daripada Ekspor
Menko Perekonomian, Darmin Nasution - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menko Perekonomian, Darmin Nasution tidak tertarik membahas soal rencana Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk melakukan ekspor beras saat panen raya pada bulan April hingga Mei 2019.

"Sudahlah yang penting kita jaga dulu harga beras tidak naik, tidak perlu turun. Kalau bisa iya," ujar Menko Darmin di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Dia menilai, untuk melakukan ekspor adalah sesuatu yang mudah dilakukan. Namun yang sulit adalah menjaga ekspor itu terus dilakukan secara berkala.

"Apa susahnya kalau ngomongnya ekspor, ya kirim saja ekspor ke Filipina atau kemana, ke Malaysia yang penting bukan bisa ekspor. Kalau bisa ekspor itu terus menerus, itu namanya baru bisa ekspor. Kalau cuma sekali, sekali peristiwa dia ekspor begini, sudah lah lupakan," tandasnya.

Sebelumnya, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menyebut jika sejumlah negara negara tetangga, khususnya di kawasan ASEAN siap menyerap beras yang akan diekspor Indonesia pada pertengahan tahun ini.

Buwas panggilan akrabnya mengaku sudah berkomunikasi dengan tiga negara tujuan ekspor yang siap melakukan pembelian. Namun belum bisa menjelaskan secara detil total beras yang akan diekspor.

"Ada beberapa negara yang kita hubungi dan siap untuk membeli karena mereka butuh. Yang jelas ASEAN sudah siap," kata Buwas tersebut pada rapat kerja bersama Komisi IV DPR RI dan Kementerian Pertanian di Kompleks MPR/DPR Jakarta, Senin (21/1/2019).

Dia mengatakan ekspor beras dilakukan untuk memaksimalkan penyerapan produksi beras dalam negeri saat panen raya pada bulan April hingga Mei 2019.

"Manakala nanti panen raya jumlahnya besar, dan kita harus menyerap beras sebesar-besarnya untuk kepentingan petani, kita akan melakukan upaya ekspor," kata dia.[jat]

Komentar

x