Find and Follow Us

Kamis, 22 Agustus 2019 | 15:32 WIB

Ini Tujuan Pemerintah Galakkan Kendaraan Listrik

Oleh : Indra Hendriana | Rabu, 23 Januari 2019 | 11:45 WIB
Ini Tujuan Pemerintah Galakkan Kendaraan Listrik
Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar, - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan alasan pemerintah terus menggalakan penggunaan kendaraan listrik kepada masyarakat. Hal ini karena sumbet energi listrik dihasilkan dari dalam negeri.

Dimana pengoprasian pembangkit tenaga listrik menggunakan energi primer berasal dari dalam negeri. Sedangkan BBM, lanjut dia, mayoritas berasal dari impor.

"Listrik kita impor nggak? nggak kan. Listrik adalah jenis energi yang bisa kita produksi sendiri," kata Arcandra Tahar, di Jakarta, Selasa (22/1/2019.

Menurut dia, kian maraknya kendaraan listrik dipakai masyarakat, maka impor BBM akan berkuran. Dengan begitu akan menciptakan ketahanan energi. Karena sumber energi Indonesia tidak lagi terpangaruh kondisi di luar negeri.

"Kalau bisa produksi sendiri maka apapaun yang terjadi di dunia luar kita tetap memenuhin kebtuhan kita, intinya itu jadi jangan dilihat semata mata dari evironmental sustainability tapi dilihat kedaulatan energi kita kedepan," kata dia.

Kemudian, hal ini juga akan membuat neraca transaksi berjalan Indonesia tidak lagi defisit akibat impor minyak dan gas (migas). Selain itu, juga akan meningkatkan pemanfaatan listrik yang saat ini pasokannya sudah berlebih.

"Semakin banyak konversi ke listrik, semakin banyak mobil listrik, listrik kita punya excess power nah itu kalau dimanfaatkan untuk menjual listrik. nah BBM akibatnya nanti BBM impor turun, kalau kompor listrik LPG turun impornya sehingga nggak ditulis lagi (neraca negatif)," kata dia. [hid]

Komentar

x