Find and Follow Us

Kamis, 23 Mei 2019 | 03:02 WIB

PLN Berencana Sederhanakan Golongan Pelanggan

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 29 Januari 2019 | 06:05 WIB
PLN Berencana Sederhanakan Golongan Pelanggan
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN Persero) berencana menerapkan penyederhanaan pelanggan golongan rumah tangga. Rencana tahun ini akan diterapkan.

Direktur Pengadaan Strategis PT PLN Supangkat Iwan Santoso mengatakan, perubahan atau penyerderhanaan ini tak terpengaruh pada tarif listrik jika kebijakan itu telah diberlakukan.

Nantinya, kata dia, tarif listrik per kilo Watt hour (kWh) untuk semua golongan pelanggan non subsidi sama, yaitu sebesar Rp 1.467 per kWh. Dengan begitu jika penyederhanaan golongan dilakukan maka tidak ada perubahan besaran tarif dasar listrik.

"Yang nggak subsidi sudah sama. Yang beda premium, premium tetap ada, kan itu kebutuhan khusus," kata Iwan, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (28/1/2019).

Adapun, golongang pelanggan rumah tangga adalah, golongan pelanggan tegangan rendah, yaitu R-1 Rumah tangga kecil 900 Volt Amper (VA) dan 1300 VA, R-1 Rumah tangga kecil dengan daya 2200 VA, R-1 Rumah Tangga menengah dengan daya 3.500-5.500 VA, R-1 Rumah tangga besar dengan daya 6.600 VA ke atas.

Namun, saat ini pihaknya masih mengkaji batas atas golongan pelanggan, untuk memberlakukan penyederhanaan golongan pelanggan listrik rumah tangga. Penyederhanaan golongan pun rencananya tidak akan dipungut biaya.

"Masih kami masih kaji, rencana awal gratis," tegasnya.

Menurut Iwan, jika penyederhanaan golongan pelanggan diberlakukan, maka nantinya golongan pelanggan rumah tangga hanya ada dua saja yaitu subsidi dan non subsidi.

"Dulu kan beda-beda. Sekarang inginya dibedakan cuma disubsidi dan tidak disubsidi," kata dia.[jat]

Komentar

x