Find and Follow Us

Senin, 19 Agustus 2019 | 09:36 WIB

Jelang Pemilu, Bos BI Prediksi Rupiah Kian Perkasa

Oleh : M Fadil Djailani | Selasa, 29 Januari 2019 | 14:15 WIB
Jelang Pemilu, Bos BI Prediksi Rupiah Kian Perkasa
Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo memprediksi jelang Pemilihan Umum (Pemilu) pada April 2019 mendatang nilai tukar rupiah akan semakin stabil dan cenderung menguat.

Hal tersebut dikatakan Perry saat konfrensi pers terkait evaluasi Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) periode Triwulan IV di Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (29/1/2019).

"Kami memandang bahwa nilai tukar rupiah ke depan stabil dan cenderung menguat," kata Perry.

Perry menyebut sedikitnya ada empat faktor yang menyebabkan nilai tukar rupiah diproyeksikan menguat jelang Pemilu. Pertama kondisi ekonomi global, Perry menyebut kenaikan suku bunga The Fed Fund Rate tidak bakal segresif tahun 2018.

"Kenaikan The Fed Fund Rate pada tahun ini bakal lebih rendah, awalnya kita prediksi 4 kali naik, tapi kita lihat hanya 2 kali saja. Ini membuat tingkat ketidakpastian lebih rendah," faktor pertama kata Perry.

Faktor yang kedua lanjut Perry adalah soal kondisi ekonomi Indonesia, dimana tingkat kepercayaan investor terhadap kondisi perekonomian tanah air yang meningkat.

"Apa buktinya?, masuknya aliran modal asing yang meningkat sejak triwulan IV 2018, baik berupa Penyertaan Modal Asing (PMA) maupun dalam bentuk investasi lain," katanya.

Faktor ketiga, fundamental perekonomian Indonesia yang kuat. Kata Perry, hal ini dilihat dari pertumbuhan ekonomi yang baik, tingkat inflasi yang rendah, hingga defisit anggaran yang lebih rendah dari target.

Kemudian faktor keempat, mekanisme pasar yang semakin baik. Menurut Perry, mekanisme pasar ini yang mendukung stabilitas nilai tukar di tahun 2019.

"Mekanisme pasar valas yang semakin baik, supply penjual dan pembeli yang semakin meningkat, termasuk pasar tunai juga," kata Perry mengakhiri. [hid]

Komentar

x