Find and Follow Us

Senin, 19 Agustus 2019 | 15:58 WIB

AFTECH Dukung Inklusi Keuangan di Indonesia

Rabu, 30 Januari 2019 | 05:09 WIB
AFTECH Dukung Inklusi Keuangan di Indonesia
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Asosiasi FinTech Indonesia (AFTECH) mendukung inklusi keuangan di Indonesia, melalui pertumbuhan dan perkembangan industri financial techology (fintech).

"Banyak masyarakat yang belum paham terhadap peranan fintech salah satunya sebagai pendorong inklusi keuangan. Padahal kehadiran fintech dapat membantu masyarakat yang dikategorikan sebagai 'unbanked' untuk memperoleh alternatif layanan keuangan," ujar Ketua Harian AFTECH, Kuseryansyah di Jakarta, Selasa (29/1/2019).

Dia menjelaskan, kehadiran fintech dapat dilihat sebagai upaya dalam mendorong peningkatan inklusi keuangan. AFTECH dan para perusahaan fintech percaya mampu turut serta menyukseskan program inklusi keuangan pemerintah, karena industri fintech memberikan akses keuangan kepada segmen retail dan UMKM melalui berbagai layanan dan produk keuangan berbasis teknologi.

"Dukungan teknologi memungkinkan perusahaan-perusahaan fintech dapat menjangkau masyarakat luas hingga yang hidup di kota kecil atau pelosok desa," ujar Kuseryansyah.

Perkembangan industri fintech di Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir, dengan hadirnya beragam inisiatif produk serta layanan dari perusahaan-perusahaan fintech. Hal ini sejalan dengan target inklusi keuangan yang dicanangkan pemerintah sebesar 75% pada 2019.

Akses merata terhadap layanan keuangan juga diharapkan mampu mendorong masyarakat dalam memanfaatkan berbagai layanan untuk kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi dengan aman sehingga kesejahteraan dapat meningkat.

"Perkembangan dari inovasi industri fintech hadir dikarenakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia, untuk membuka pasar baru bagi perbankan, serta pemerataan ekonomi yang diharapkan berujung dengan penurunan tingkat kemiskinan," kata CEO Faspay Eddy Tju di sela-sela acara Fintech Talk bertema "Financial Inclusion to Accelerate Development in Indonesia".

Selain menjadi solusi pembayaran bagi masyarakat, industri fintech juga dapat dijadikan masyrakat sebagai tempat dalam pengelolaan dana dengan membiayai bisnis UMKM. [tar]

Komentar

Embed Widget
x