Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 Maret 2019 | 00:24 WIB

Di Depan Investor, SMI Khawatirkan Perang Dagang

Oleh : M Fadil Djailani | Rabu, 30 Januari 2019 | 15:00 WIB

Berita Terkait

Di Depan Investor, SMI Khawatirkan Perang Dagang
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China, masih mengancam perekonomian dalam negeri dari sisi eksternal.

Hal tersebut dikatakan Sri Mulyani saat menjadi pembicara kunci dalam acara Mandiri Investment Forum (MIF) ke-8 di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (30/1/2019), yang dihadiri ratusan investor asing tersebut.

"Sumber masalahnya kalau ada perang dagang, bahwa kemungkinan ada perlambatan ekonomi China. Implikasinya ke harga komoditas," kata Sri Mulyani.

Kata wanita kelahiran Bandar Lampung ini, ekpor komoditas masih menjadi salah satu andalan Indonesia dalam mengerek pertumbuhan di dalam negeri.
"Kita tahu Indonesia akan terpengaruh harga komoditas, itulah kita masih punya kerentanan soal itu," katanya.

Di antaranya yang menjadi andalan adalah adalah batubara dan minyak sawit.
Sementara di tempat yang sama, Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengatakan, pengaruh harga terhadap komoditas ini memang menjadi masalah tersendiri. Perry mengungapkan ekonomi China yang melambat membuat harga komoditas dunia juga melambat. "Tembaga, batubara, karet, tahun lalu minus. Ini tantangan bagi kita dari sisi perdagangan. Ini harus dihadapi," katanya. [ipe]



Komentar

x