Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 Maret 2019 | 00:23 WIB

BKP Kementan Pasarkan Cabai& Bawang Merah Petani

Kamis, 31 Januari 2019 | 09:45 WIB

Berita Terkait

BKP Kementan Pasarkan Cabai& Bawang Merah Petani
(Foto: Dok)

INILAHCOM, Brebes - Memasuki musim panen bawang dan cabai di Jateng dan Jatim, harga merosot cukup tajam. Harga bawang merah di Brebes (29/01) anjlok hinggga Rp 9.000-11.000/kg.

Senada dengan bawang merah, harga cabai rawit di Kabupaten Kediri, Jatim juga anjlok hingga di level harga Rp6.000/kg, cabai merah keriting Rp5.000/kg, dan cabai merah besar Rp9.500/kg.

Sebagai bentuk perlindungan dan aksi tanggap Badan Ketahanan Pangan (BKP) melalui Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) menyerap produk cabai petani yang diketuai oleh Irsadul Anam dari Kelompok Cabai Barokah, Kab. Kediri, dan bawang merah yang dipasok dari Gapoktan Mulya Tani Desa Sidamulya, Kec. Wanasari, Brebes.

Cabai dan bawang tersebut dipasarkan langsung ke konsumen di Jabodetabek yang saat ini kondisi harga di pasar eceran masih cukup tinggi rata2 berkisar cabai rawit merah 30.000/kg dan bawang merah 27.000/kg

"Pada tahap awal, kami mendatangkan bawang dari Gapoktan Mulya Tani, Brebes sebanyak 3 ton dan cabai rawit merah 3 ton dari Gapoktan Barokah Kediri Melalui aksinyata yang kami lakukan ini, diharapkan dalam 2-3 hari cabai dan bawang terjual habis di Jabodetabek," ujar Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Risfaheri.

Selanjutnya menurut Risfaheri, didatangkan lagi cabai dan bawang.
"Langkah yang kami lakukan ini diharapkan dapat mendongkrak harga di produsen, seiring dengan meningkatnya penyerapan dan menurunnya harga jual di konsumen," tambah Risfaheri.

Juwari selaku ketua gapoktan mengungkapkan apresiasi kepada BKP atas reaksi cepat menangani anjloknya harga bawang merah.

"Alhamdulillah, dengan adanya TTI, bawang petani di Brebes bisa tersalurkan ke konsumen, dan kami benar-benar sangat terbantu," ujarnya.

Selanjutnya, menurut Risfaheri, Cabai dan bawang merah dari Kediri dan Brebes akan didistribusikan pada rangkaian gelar pangan murah pada 1-3 Februari 2019 di beberapa lokasi diantaranya: Rusun Marunda Jakut, Rusun Pesakih Jakbar, Rusun Flamboyan Jakbar, Rusun Angke Tambora Jakbar, Rusun Pulogebang Jaktim, kel. Kuningan Barat Jaksel, Kel. Cakung Barat Jaktim, Kecamatan Mampang Prapatan, Jaksel .

Selain itu juga ke Sunday Market Perumahan Bona Indah Jaksel, Perum Atsiri Permai Citayam Depok, Perum Pondok Jatisari Bekasi, Perum Balitro Litbang Pertanian Bogor, Perum Bukit Kayumanis Bogor, dan Kanpus Kementerian Pertanian.

Komentar

x