Find and Follow Us

Kamis, 19 September 2019 | 12:18 WIB

Tol Jokowi Super Mahal, Sopir Truk Ogah Lewat

Oleh : Indra Hendriana | Senin, 4 Februari 2019 | 15:09 WIB
Tol Jokowi Super Mahal, Sopir Truk Ogah Lewat
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), Mahendra Rianto mengamini mahalnya tarif tol TransJawa. Alhasil, para sopir truk memilih kembali melintasi Jalur Pantura (Pantai Utara).

Selanjutnya, Mahendra menyarankan pemerintah memberikan subsidi kepada truk logistik yang melewati jalan tol TransJawa. Sehingga, truk logistik bisa kembali melewati Tol TransJawa.

"Jadi lebih baik. Artinya itu yang perlu kendaraan logistik itu disubsidi lewat jalan tol itu," kata Mahenda dalam sambungan telpon dengan INILAHCOM, Jakarta, Senin (4/2/2019).

Menurut dia, apabila pemerintah tidak mencarikan jalan keluar, maka kendaraan logistik tidak akan melewati tol TransJawa. Apabila melalui jalur Pantura dirasa lebih efisien ketimbang melewati jalan tol.

Untuk selisih waktu tempuh melewati tol TransJawa dengan jalur Pantura, menurutnya, tidak terlalu panjang. Hanya di kisaran 4 jam hingga 6 jam. Sementara ongkos tol bisa mencapai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah.

Ketimbang untuk membayar tol yang jumlahnya lumayan signifikan itu, para sopir truk logistik memilih jalur Pantura karena masih bisa saving biaya perjalanan. "Saving untuk angkutan dan pribadi iya, tidak untuk logistik," ujar dia.

Sebelumnya, Ketua Asosiasi Logistik Indonesia, Zaldy Ilham Masita menyebut tarif tol TransJawa yang sangat dibanggakan Presiden Joko Widodo, sungguh menguras kantong. Idealnya, tarif angkutan logistik lebih murah ketimbang kendaraan pribadi.

Mau tahu berapa tarif tol untuk truk logistik? Rute Jakarta-Surabaya, menurut website Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yakni bpjt.pu.go.id, tarif kendaraan Gol V (truk dengan lima gandar atau lebih) ditetapkan Rp1.382.500. Itu sekali jalan lho. [ipe]


Komentar

x