Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 20 Maret 2019 | 17:37 WIB

Mau Bangun Smelter? Bayar Uang Jaminan Dulu

Oleh : M Fadil Djailani | Kamis, 7 Februari 2019 | 13:38 WIB

Berita Terkait

Mau Bangun Smelter? Bayar Uang Jaminan Dulu
Diretur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Bambang Gatot - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Saya Mineral (ESDM) akan menerapkan kebijakan baru berkaitan pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral (smelter).

Bunyi dari kebijakan anyar ini kira-kira begini. Bahwa setiap perusahaan mineral dan batubara (minerba) wajib memberikan jaminan uang sebagai suatu bentuk keseriusan perusahaan dalam membangun smelter. "Itu jaminan kesungguhan (perusahaan)," kata Diretur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Bambang Gatot, Jakarta, Kamis (7/2/2019).

Kendati sesumbar demikian, namun dia belum merinci kebijakan itu. Termasuk berapa jaminan uang beserta mekanisme penjaminan uang dll. Kata dia, pihaknya saat ini masih melakukan evaluasi terkait kebijakan ini. "Belum masih dievaluasi. Bedanya dulu kan nggak ada sekarang ada," ujar dia.

Tapi, dia mengklaim kebijakan ini kedepan bakal berhasil. Adapun kebijakan tersebut bukan hal yang baru. Sebelumnya pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2014, sudah berniat memberlakukan aturan ini.

Pemerintah, kata Bambang, berencana mengambil pungutan berupa uang jaminan sebesar 5 persen, dari total investasi pembangunan smelter. Namun wacana kewajiban penyetoran uang jaminan tersebut dibatalkan sebelum diterapkan. [ipe]

Komentar

x