Find and Follow Us

Minggu, 16 Juni 2019 | 14:36 WIB

Candra Minta Perusahaan Tambang Beli MFO Pertamina

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 8 Februari 2019 | 08:08 WIB
Candra Minta Perusahaan Tambang Beli MFO Pertamina
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah lewat Kementerian Energi, dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong pengguna Marine Fuel Oil (MFO) membeli dari PT Pertamina (Persero).

Sebab, selama ini perusahaan tambang dan kapal yang menggunakan MFO selalu membeli dari luar negeri alias mengimpor. Dengan pembelian MFO dari Pertamina, maka impor bisa ditekan.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan, MFO yang diproduksi PT Pertamina bisa diserap. Demikian juga mengenai harganya juga tidak berbeda.

"Pemerintah berusaha untuk produksi MFO Pertamina bisa dibeli oleh perusahaan tambang, kapal yang butuh MFO. Mereka impor, untuk kurangi impor maka kita matching-kan dengan produksi Pertamina," kata Arcandra, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (7/2/2019).

Guna merealisasikan hal ini, pihaknya memanggil PT Vale Indonesia Tbk, salah satu pengguna BBM jenis MFO, untuk menyamakan produk MFO yang digunakan perusahaan tersebut. "Matching antara produk MFO dari Pertamina dengan kebutuhan MFO dari beberapa company salah satunya Vale," kata dia.[ipe]

Komentar

x