Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 20 Maret 2019 | 17:38 WIB

Ini Aliran Modal Asing yang Masuk ke RI Februari

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 8 Februari 2019 | 17:08 WIB

Berita Terkait

Ini Aliran Modal Asing yang Masuk ke RI Februari
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyebut, sampai 7 Februari 2019 modal asing atau capital inflow yang masuk ke Indonesia sebesar Rp49,6 triliun.

Menurut dia, aliran dana tersebut masuk melalui portofolio Surat Berharga Negara (SBN), pasar saham dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI).

"Aliran modal asing masuk year to date Januari sampai dengan minggu pertama 7 Febuari Rp49,6 triliun," kata Perry di Gedung BI, Jakarta, Jumat (8/2/2019).

Dia merinci, dana yang masuk itu lewat SBN senilai Rp32,4 triliun, sedangkan ke pasar saham mencapai Rp15,1 triliun serta ke SBI sebesar Rp2 triliun.

Dia mengklaim, aliran dana masuk ini sebagai bukti kepercayaan investor ke Indonesia. Ini tidak terlepas dari berbagai langkah kebijakan Bank Indonesia, bersama pemerintah maupun Otoritas Jasa Keuangan.

"Ini menunjukan juga faktor pergerakan nilai tukar kita cukup membaik dan menguat," kata Perry.

Sebelumnya, kondisi neraca perdagangan Indonesia Desember 2018 masih mencatat defisit meski aliran masuk modal asing masih berlanjut. "Defisit neraca perdagangan tercatat sebesar USD 1,1 miliar dipengaruhi penurunan kinerja ekspor, khususnya ekspor non-migas akibat kondisi global yang kurang kondusif," ujar dia.

Kendati demikian, dia menyebutkan saat ini posisi cadangan devisa (cadev) pada akhir Desember 2018 cukup tinggi sebesar USD 120,7 miliar. Nilai ini setara dengan pembiayaan 6,7 bulan impor atau 6,5 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah. Serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor.[jat]

Komentar

Embed Widget
x