Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 Maret 2019 | 10:34 WIB

Tarif Tol Solo-Ngawi Mahal, DPR Minta Dievaluasi

Minggu, 17 Februari 2019 | 08:09 WIB

Berita Terkait

Tarif Tol Solo-Ngawi Mahal, DPR Minta Dievaluasi
Anggota Komisi VI DPR Nyat Kadir

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi VI DPR Nyat Kadir menilai, tarif tol sebesar Rp1.000 per kilometer di jalan Tol Solo-Ngawi perlu dievaluasi. Kemahalan.

"Tarif jalan tol ini mahal buat rakyat, perlu dievaluasi lagi. Tarif tol Solo-Ngawi ini bisa sampai ratusan ribu rupiah dan bagi rakyat kecil, ini berat," kata Nyat dalam rilis di Jakarta, Sabtu (16/2/2019).

Menurut Nyat, dengan tarif semahal itu, maka terkesan ruas tol hanya diperuntukkan bagi kalangan menengah ke atas saja. Padahal, keberadaan jalan tol tersebut adalah untuk kelancaran perjalanan semua kalangan.

Namun, dia meyakini harga tol yang mahal itu akan segera direspons pemerintah. Jalan Tol Solo-Ngawi merupakan bagian Tol TransJawa.

Tol yang melintang di Pulau Jawa itu terbagi dalam empat klaster. Yakni, klaster I terdiri atas ruas Jakarta-Cikampek dan Cikampek-Palimanan; klaster II adalah Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, dan Batang-Semarang; klaster III mencakup Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Kertosono-Mojokerto, dan Mojokerto-Surabaya; dan klaster IV yaitu Porong-Gempol, Gempol-Pandaan, Gempol-Pasuruan, dan Pasuruan-Probolinggo.

Berikut ini tarif Jalan Tol Trans-Jawa.
- Jakarta (Jakarta-Cikampek)-Semarang Rp334.500;
- Merak-Jakarta (JORR-Jakarta-Cikampek)-Semarang Rp397.500;
- Jakarta (Jakarta-Cikampek)-Surabaya (Kejapanan Utama) Rp660.500;
- Merak-Jakarta (JORR-Jakarta-Cikampek)-Surabaya Rp723.500;
- Jakarta (Jakarta-Cikampek)-Pasuruan (Grati) Rp712.500;
- Merak-Jakarta (JORR-Jakarta-Cikampek)-Pasuruan (Grati) Rp775.500. [tar]

Komentar

x