Find and Follow Us

Senin, 19 Agustus 2019 | 03:17 WIB

Ditanya Jokowi Bisnis Start-Up, Prabowo Jawab Ini

Senin, 18 Februari 2019 | 01:29 WIB
Ditanya Jokowi Bisnis Start-Up, Prabowo Jawab Ini
(Foto: Inilahcom/Agus Priatna)

INILAHCOM, Jakarta - Saat ditanya capres nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) terkait upaya mendorong munculnya unicorn baru di Indonesia, Prabowo Subianto bilang begini.

"Kita fasilitasi star-up maju dan kurangi regulasi perizinan yang bertele-tele. Jangan sampai mereka mengalami kesulitan, apalagi soal pajak e-commerce. Kita ingin hapuskan pajak itu," kata Prabowo dalam debat capres putaran dua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (7/2/2019).

Dalam hal ini, Jokowi memaparkan bahwa Indonesia punya posisi penting di bisnis start-up. Dari 7 unicorn besar di Asia, empat diantarnya berasal dari Indonesia.

Atas pernyataan ini, Prabowo punya pandangan berbeda. Bahwa pemerintah harus cermat dan berhati-hati. Investor asing sangat membidik perkembangan bisnis start-up di tanah air. Mereka tak segan-segan menggelontorkan dana besar kepada unicorn kakap asal Indonesia.

Ketika bisnisnya membesar maka keuntungan juga besar. Lagi-lagi, pemilik modal asing itulah yang mengeruk keuntungan super jumbo. "Silahkan Anda tertawa. Namun kita perlu hati-hati. Jangan sampai malah memperbesar ketimpangan ekonomi. Kalau ada unicorn atau startup maju, uang Indonesia akan dinikmati asing. Dengan pesatnya e-commerce, uang kita bisa saja malah lari ke asing," ungkapnya. [ipe]


Komentar

x