Find and Follow Us

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 01:48 WIB

Ini Langkah ESDM Hadapi Defisit Migas

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 19 Februari 2019 | 15:09 WIB
Ini Langkah ESDM Hadapi Defisit Migas
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah mengakui cadangan minyak dan gas bumi (Migas) semakin menipis menjadi persoalan, apalagi bila kedepan tidak diketemukan cadangan baru.

Guna mengatasi masalah ini, Kementerian ESDM menyiapkan beberapa langkahnya agar defisit Migas bisa teratasi. Langkah jangka pendek, pemerintah memperbaiki data-data cadangan migas yang saat ini sudah ada.

Dimana perbaikan data cadangan dan lokasi Blok eksisting maupun Blok eksplorasi bisa menjadi daya tarik bagi KKKS untuk melakukan penelitian dan eksplorasi.

"Rencana pemerintah, salah satunya adalah memperbaiki dari sisi penggunaan data-data GnG kita. Itu langkah jangka pendek yang saat ini juga sedang kita kerjakan," kata Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar di Jakarta, Senin (19/2/2019).

Kemudian, dia berharap dari lapangan yang saat ini sedang beroperasi bisa melakukan peningkatan produksi dengan beberapa upaya.

"(Misal) improve oil dalam waktu yang cepat. 2-3 tahun apa aja usahanya. Underdown drilling misalnya, itu usaha cepat," ujar dia.

Sedangkan untuk jangka menengah, adalah meningkatkan cadangan dengan melakukan eksplorasi tak jauh dari sumur yang sudah beroperasi saat ini. Aset produktif saat ini selain harus dicari sumur lainnya yang mempunyai potensi cadangan juga untuk menjaga produksi agar tidak menurun.

"Jangka menengah, aset produktif kita mengusahakan enchance recovery. Tapi itu 7-10 tahun baru ada respoon," ujar dia.

Sedangkan untuk jangka panjang, kata Arcandra eksplorasi tidak bisa dipungkiri lagi. Ia melihat langkah eksplorasi ini perlu dilakukan agar kedepannya Indonesia punya lapangan-lapangan yang siap dioperasikan pada masa depan. Sebab, jika tidak, maka Indonesia akan menjadi negara nett importir.

"Jangka panjangnya eksplorasi nya itu yang suksesnya cuman 20 persen. Tapi kan harus tetap dilakukan," ujar dia.[jat]

Komentar

x