Find and Follow Us

Senin, 19 Agustus 2019 | 16:03 WIB

Kekhawatiran Bos AGRO Atas Ekspansi Fintech

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Kamis, 21 Februari 2019 | 16:41 WIB
Kekhawatiran Bos AGRO Atas Ekspansi Fintech
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (AGRO) bakal meluncurkan produk layanan finansial teknologi (fintech). Produk fintech ini terkait dengan penyaluran kredit mikro yang selama ini menjadi keahlian BRI Agro.

Direktur Utama BRI Agro, Agus Noorsanto mengungkapkan peluncuran produk fintech ini merupakan inisiasi Group Usaha PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dimana dimana Agro menjadi salah satu anak usahanya.

"Itu betul-betul group bikin sendiri (fintech), jadi ini kolaborasi dengan induk, jadi sistemnya nanti sharing income. Induk siapkan sistem dan kita yang akan jalankan," kata Agus di Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Menurutnya, peluncuran layanan fintech tersebut merupakan bagian dari target perseroan menjadikan AGRO sebagai bank agrikultur yang dapat melakukan pelayanan penuh secara digital tanpa harus melakukan pelayanan di kantor-kantor pusat dan cabang pembantu. Sekaligus ikut bersaing dengan perusahaan fintech.

"Sekarangkan kalau bank tidak melakukan shifting dari konvensional ke transformasi digital, nasabah-nasabah kita bakal diambil oleh fintech," katanya.

Sehingga kata dia, kini perbankan memang harus mengantisipasi agresifnya perusahaan fintech dalam sistem pembayaran. Bila tidak bisnis bank bisa tergerus karena fee transaksi bisa beralih ke perusahan fintech.

Agus lantas mencontohkan, produk fintech yang saat ini digemari masyarakat yakni GoPay dan OVO, dimana kedua sistem pembayaran tersebut mencatatkan transaksi yang luar biasa besar.

"Sekarang kita tahu GoPay, itu merupakan salah satu cara hidup orang saat ini, kalau bank tidak masuk ke situ, bayar disitu, transfer disitu, bank dapat apa," katanya.

Maka dari itu untuk tahap awal digitalisasi, perseroan tidak segan-segan dalam meluncurkan produk fintech ini, mengingat persaingan makin kedepan makin sengit saja.[jat]

Komentar

Embed Widget
x