Find and Follow Us

Kamis, 19 September 2019 | 19:00 WIB

Tahun Politik, Jokowi Pastikan Dana PKH Cair April

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Sabtu, 23 Februari 2019 | 05:09 WIB
Tahun Politik, Jokowi Pastikan Dana PKH Cair April
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan pencairan dana bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) tahap kedua turun pada April 2019.

Menurut dia, bantuan PKH untuk keluarga penerima manfaat (KPM) tahap pertama sudah cair bulan Januari sebesar Rp 12,28 triliun.

Hal itu disampaikan Jokowi saat membagikan Bantuan Sosial PKH dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) kepada 1.000 warga di Gedung Laga Tangkas, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (22/2/2019). "Awal April kami akan kirim lagi tahapan yang kedua pada ibu-ibu semuanya," kata Jokowi.

Oleh karena itu, Jokowi mengingatkan kepada ibu penerima PKH supaya melakukan perhitungan untuk menggunakan uang bantuan tersebut. Menurut dia, ibu-ibu harus memanfaatkan uang bantuan untuk kepentingan gizi dan pendidikan anak.

"Misalnya ambil Rp300 ribu, untuk anak sekolah, lalu gizi anak. Penggunaannya harus tepat. Hati-hati, menggunakannya harus tepat. Pengaturan uang seperti itu kalau ibu-ibu punya manjemen baik akan nambah saldo di tabungan," ujarnya.

Sementara Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bantuan PKH dan BPNT yang disalurkan di wilayah Jawa Barat pada tahap pertama sejumlah Rp2,1 triliun dengan rincian Rp1,9 triliun untuk PKH kepada 1,5 juta keluarga dan Rp272,6 miliar untuk BPNT kepada 2,4 juta keluarga.

Untuk di wilayah Kabupaten Bogor, Agus mengatakan pemerintah telah menyalurkan bantuan PKH dan BPNT sejumlah Rp185,8 miliar dengan rincian Rp164,9 miliar untuk PKH kepada 133,3 ribu keluarga dan Rp20,8 miliar untuk BPNT kepada 189,9 keluarga.

"Penyaluran bantuan tahap pertama sudah mencapai 99,72 persen dilakukan pada Januari sebesar Rp12,28 triliun. Jadwal pembagian dimajukan sekarang sudah Januari, kedua April, ketiga Juli terakhir Oktober," tandasnya. [ipe]

Komentar

Embed Widget
x