Find and Follow Us

Selasa, 21 Mei 2019 | 03:08 WIB

Dituding RR Overclaim, Menteri Eko Bela Jokowi

Selasa, 26 Februari 2019 | 03:09 WIB
Dituding RR Overclaim, Menteri Eko Bela Jokowi
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kritikan pedas ekonom senior Rizal Ramli ternyata menyita perhatian anak buah Presiden Joko Widodo.

Salah satunya Menteri Desa, Pembangungan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Eko Putro Sandjojo, buru-buru membatah penilaian mirin Rizal Ramli terhadap Jokowi yang menjadi capres petahana.

Eko menegaskan, pemerintah tidak pernah overclaim terkait program dana desa. "Tanya Pak Rizal Ramli seharusnya. Kita tidak pernah overclaim," ujar politisi PKB ini di Jakarta, Senin (25/2/2019).

Undang-undang tentang Desa, sebagaimana disampaikan Rizal Ramli sudah diperjuangkan sebelum Jokowi memimpin, yaitu 2011. Alasan tersebut membuat Rizal menuding Jokowi overclaim karena melupakan peran pihak lain.

Terkait hal tersebut, Eko mengatakan, keberhasilan program dana desa tak semata-mata karena UU tersebut. Yang tak kalah penting adalah komitmen pemerintah dalam menjalankannya.


"Bukan hanya UU saja yang membuat suatu program itu berjalan dengan baik. Tapi lebih penting lagi adalah komitmen dan kemampuan dalam menjalankan UU tersebut. Faktanya Pak Jokowi telah terbukti dengan baik menjalankan UU No. 6 tahun 2014 tentang Desa," jelasnya.

Terlepas dari itu, Eko menyadari program tersebut belum sempurna. Namun upaya yang sudah dilakukan pemerintah setidaknya telah membuahkan hasil. "Kita mungkin belum sempurna, tapi faktanya kerja kita diapresiasi banyak pihak termasuk internasional. Termasuk dijadikan contoh untuk dijadikan referensi oleh negara lain," terangnya. [tar]


Komentar

Embed Widget
x