Find and Follow Us

Kamis, 23 Mei 2019 | 03:02 WIB

Kalah dengan Fintech, JK Minta Bank Inovatif

Rabu, 27 Februari 2019 | 19:07 WIB
Kalah dengan Fintech, JK Minta Bank Inovatif
Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK) mengatakan bank-bank di Indonesia harus melakukan inovasi jika tidak ingin kalah saing dengan bisnis fintech (financial and technology).

"Sekarang ini tentu dibutuhkan lagi lebih canggih ilmunya karena saingannya fintech. Kalau dulu bank itu jadi kepercayaan, orang simpan (uang), kemudian bank kasih kredit. Sekarang, dari simpan ke kredit menjadi satu," kata Wapres Jusuf Kalla, Rabu (27/2/2019).

Menurutnya, perkembangan teknologi yang cukup pesan membuat masyarakat memiliki banyak pilihan untuk jasa keuangan. Dengan kondisi ini pihak perbankan harus bisa mengembangkan bisnis jasa layanan keuangan mereka.

"Ke depan, semua tentu berubah. Dalam bisnis perbankan itu juga kemudian akan ada kehilangan pekerjaan, ada pekerjaan baru," tambahnya.

Oleh karena itu, kecepatan berpikir menjadi solusi yang diperlukan untuk mewujudkan inovasi dalam perbankan, khususnya di bidang penyedia jasa keuangan.

"Kalau dulu dunia perbankan itu bisnis kepercayaan, sekarang mesti ditambah (menjadi) bisnis kepercayaan dan teknologi. Karena orang berpikir, kalau saya kirim uang dulu hitungannya hari, kemudian jam; sekarang detik," ujarnya.[tar]

Komentar

Embed Widget
x