Find and Follow Us

Senin, 17 Juni 2019 | 05:09 WIB

AP I Inginkan Bandara Adisutjipto Bisa Naik Kelas

Minggu, 3 Maret 2019 | 01:09 WIB
AP I Inginkan Bandara Adisutjipto Bisa Naik Kelas
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Yogyakarta - Manajemen PT Angkasa Pura I (persero) mencatat kinerja positif Bandara Adisutjipto dengan membukukan peningkatan pendapatan 2018 sebesar 17% ketimbang 2017. Tapi jangan puas dulu.

"Secara performance pendapatan kami ada kenaikan 17 persen. Ini artinya kinerja karyawan kami bisa kami banggakan," kata General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Agus Pandu Purnama di sela perayaan Ulang Tahun ke-55 AP I di Lapangan NDB PT Angkasa Pura I, Sleman, Jawa Tengah, Sabtu (2/3/2018).

Pada ulang tahun ke-55 itu, Agus menargetkan Bandara Adisutjipto mampu mengejar prestasi kelas dunia yang diraih tiga bandara di bawah AP I, yakni Bandara Ngurah Rai Denpasar, Bandara Juanda Surabaya, dan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. "Insya Allah Adisutjipto bisa menyusul untuk meraih capaian tersebut," kata dia.

Selain itu, menurut dia, tahun ini, AP 1 memiliki hajat yang besar yakni pembangunan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang ditargetkan beroperasi pada tahun ini.

"Insya Allah kami menyesuaikan target April ini bisa (beroperasi secara terbatas) karena pembangunan sudah mencapai 76 persen, sehingga sisa 25 persen ini kami sedang mengerjakan. April nanti sudah bisa digunakan untuk penerbangan internasional," kata Agus.

Pada tahap pertama, menurut dia, NYIA ditargetkan mampu menampung 14 juta penumpang dengan harapan mampu menutup keterbatasan kapasitas Bandara Adisutjito yang hanya memiliki kapasitas 1,8 juta penumpang.

"Walaupun demikian kita perlu banggsa di tahun kemarin Bandara Adisutjipto didatangi pengguna jasa bandar udara ?sebanyak 8,4 juta penumpang, ini luar biasa. Kami setiap tahun ada kenaikan 7-10 persen penumpang," kata Agus. [tar]

Komentar

x