Find and Follow Us

Minggu, 16 Juni 2019 | 20:55 WIB

Izin Ekspor Freeport tak Keluar, Begini Kata KESDM

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 7 Maret 2019 | 03:19 WIB
Izin Ekspor Freeport tak Keluar, Begini Kata KESDM
Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Yunus Saefulkah - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Rekomendasi izin ekspor konsentrat PT Freeport Indonesia (PTFI/Freeport) sampai saat ini, belum dikeluarkan Kementerian ESDM. Izinnya sudah habis 15 Februari 2019.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Yunus Saefulkah meminta, untuk tidak selalu menyalahkan pihaknya. Sebab, kesalahan bukan ada di pihaknya. "Jangan salahin kita terus dong. Mereka (Freeport) kadang soalnya mepet dedline laporannya," kata Yunus di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (6/3/2019).

Keterlambatan laporan itu yang membuat rekomendasi izin molor sampai sekarang ini. "Kasian verifikatornya," kata dia.

Menurut dia, saat ini laporan dari Freeport sudah masuk kepihaknya. "Sudah masuk ke kami dari valuatornya siang. kan online. tadi terakhir liat sudah diceklis di biro hukum. entar saya coba liat lagi," kata dia.

Yunus bilang, apabila semua persyaratan sudah dipeunuhu, kementerian ESDM akan segera mengeluarkan rekomendasi izin ekspor Freeport. "Ya. Jumat-lah besok (lihat)," kata dia.

Adapun belum terbitnya perpanjangan izin ekspor lantaran Kementerian ESDM masih melalukan evaluasi kemajuan pembangunan smelter Freeport.

Kemajuan pembangunan smelter menjadi prasyarat utama yang harus dipenuhi oleh Freeport. Pasalnya ada ketentuan yang menyatakan pemberian perpanjangan izin bila kemajuan smelter minimal 90% dari rencana pembangunan per enam bulan. Jika ketentuan itu tidak terpenuhi maka tidak ada perpanjangan izin ekspor. [ipe]

Komentar

x