Find and Follow Us

Selasa, 21 Mei 2019 | 03:05 WIB

Darmin Sebut Infrastruktur Mahal Karena Impor

Rabu, 13 Maret 2019 | 02:01 WIB
Darmin Sebut Infrastruktur Mahal Karena Impor
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan, penyebab mahalnya pembangunan infrastruktur dikarenakan komponen atau bahan baku tidak ada di dalam negeri sehingga harus impor.

"Infrastruktur itu selain lama dan mahal itu impornya banyak. Ada banyak sekali produk yang kita tidak hasilkan tapi kita perlu (untuk pembangunan)," kata Darmin saat menjadi pembicara di acara Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan, di Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Dia mengatakan, selain komponen waktu pembangunan infrastruktur juga membutuhkan waktu yang panjang. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor seperti pembebasan lahan hingga pembangunan fisik daripada infrastruktur itu sendiri.

"Urusan tanah apapagi di negara kita bisa 3 tahun selesai. Pembangunan fisiknya sendiri mungkin 3-4 tahun sendiri jadi 7 tahun. Membangun infra itu hampir selalu lebih lama dari membangun industri," imbuhnya.

Oleh karenanya, dia menekankan dampak dari pembangunan infrastruktur itu tidak bisa dirasakan dalam jangka pendek. Melainkan butuh waktu yang panjang. Sebab pembangunan infrastruktur ini diperlukan juga untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Hitung-hitungan ekonomi memang lama dan mahal tapi itu sekali dibangun bisa untuk 10-15 tahun akan terus bekerja," tandasnya.[jat]

Komentar

x