Find and Follow Us

Selasa, 21 Mei 2019 | 03:05 WIB

Sengketa Pelabuhan Marunda Masuk Babak Baru

Kamis, 14 Maret 2019 | 07:09 WIB
Sengketa Pelabuhan Marunda Masuk Babak Baru
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Sengketa bisnis antara PT Karya Citra Nusantara (KCN) dengan PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN) terkait pengembangan Pelabuhan Marunda, belum nerakhir. Bahkan bisa jadi semakin rumit.

Pengacara KCN, Juniver Girsang mengaku heran dengan putusan pengadilan yang membenarkan klaim KBN tentang kepemilikan dermaga Pier 1, Pier 2 dan Pier 3 di Pelabuhan Marunda. Karena itulah, pihaknya telah memutuskan untuk melakukan perlawanan hukum ke tahap selanjutnya.

"Bagaimana mungkin dermaga itu bisa disebutkan sebagai wilayah usaha KBN dengan merujuk Keputusan Presiden No 11 Tahun 1992. Pada tahun itu, tak ada dermaga di sana, masih perairan. Kalau logikanya begitu, seluruh laut Jawa bisa-bisa diklaim punya mereka dong! Kalau garis pantai sepanjang 1.700 meter dari Cakung Drain hingga Sungai Blencong, itu benar. Justru itu kan yang dikerjasamakan," tegas Juniver.

Menurut Juniver, KBN telah melakukan lelang terbuka pada 2004 dengan pengumuman pelelangan untuk mencari mitra yang mampu membiayai dan juga membangun pelabuhan sesuai yang direncanakan olehnya. Setelah melalui proses lelang, PT. Karya Tehnik Utama (KTU) menjadi pemenang lelang sebagai Mitra Bisnis Pengembangan Kepelabuhanan Lahan C-1 Unit Kawasan Marunda.

Penunjukan KTU sebagai mitra swasta KBN dalam pengembangan pelabuhan Marunda dilanjutkan dengan pembentukan perusahaan patungan di bidang kepelabuhan bernama KCN. Pembentukan KCN telah mendapat restu dari Kementrian BUMN dan Gubernur DKI Jakarta selaku Pemegang saham KBN. Kehadiran KCN di Marunda diperkuat lagi oleh KBN dengan mengeluarkan SK tentang penyerahan garis bibir pantai kepada KCN.

"Berdasarkan dokumen yang ada, bagaimana bisa Dermaga Pier 1, Pier 2 dan Pier 3 dianggap miliki KBN. Sudah sangat jelas sekali bahwa pemilik sah atas ketiga dermaga tersebut sesuai prosedural adalah KCN," tegas Juniver. [tar]


Komentar

x