Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 Maret 2019 | 10:26 WIB

Kembangkan SDM Tuban, Pertamina Beri Pelatihan

Jumat, 15 Maret 2019 | 16:09 WIB

Berita Terkait

Kembangkan SDM Tuban, Pertamina Beri Pelatihan
(Foto: Times Indonesia)

INILAHCOM, Tuban - Selain untuk memberikan sumbangan bagi perkembangan perekonomian nasional, keberadaan PT Pertamina (Persero) berperan aktif memberikan bantuan kepada pengusaha ekonomi lemah, koperasi, dan masyarakat.

Hal itulah yang menjadi salah satu dasar bagi Pertamina, bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Tuban melaksanakan pelatihan untuk masyarakat di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Tahap pertama Pelatihan Calon Tenaga Kerja Proyek Pembangunan Kilang Minyak GRR Tuban ini, dilaksanakan di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Tuban, Jawa Timur, mulai Jumat (15/3/2019) hingga Sabtu (16/3/2019).

Pelatihan tersebut dibuka langsung Bupati Tuban, Fathul Huda didampingi VP Project HSSE MP2, Sahadi, dan Project Coordinator GRR Tuban, Kadek Ambhara Jaya.

Peserta pelatihan tersebut terdiri dari 111 lulusan SMK dan SMA dari 5 desa di Kecamatan Jenu. Kadek menyatakan pelatihan dimaksudkan untuk meningkatkan nilai jual tenaga kerja khususnya di Jenu, Tuban, untuk bersaing mendapatkan kesempatan bekerja.

Kadek menambahkan bahwa tanggung jawab perusahaan terhadap komunitas/masyarakat dan lingkungan sekitarnya merupakan langkah penting. Apalagi saat ini, Pertamina sedang menyiapkan pembangunan proek kilang GRR (Grass Root Refinery) di Tuban.

"Dengan pelatihan ini, diharapkan masyarakat lebih terampil serta dapat terserap menjadi tenaga kerja yang siap untuk mendukung proyek Kilang Tuban, sehingga manfaat proyek tersebut tidak hanya dirasakan secara nasional, tetapi bisa memberi dampak positif langsung kepada masyarakat lokal," ungkapnya.

Pelatihan tersebut difokuskan bagi masyarakat di sekitar lokasi yang akan dibangun kilang, dan akan dilatih dalam tiga bidang khusus yang relevan. "Bidang pelatihan disesuaikan dengan kebutuhan tenaga kerja yang diperlukan. Untuk tahap pertama ini, Pertamina memberikan pelatihan di bidang Safetyman, Security, dan K3 Dasar," tambah Kadek. [ipe]

Komentar

x