Find and Follow Us

Kamis, 23 Mei 2019 | 03:13 WIB

Korbannya Ribuan, RI Surganya Investasi Bodong

Jumat, 5 April 2019 | 16:38 WIB
Korbannya Ribuan, RI Surganya Investasi Bodong
Kepala Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi, Tongam L Tobing

INILAHCOM, Jakarta - Kerugian yang ditimbulkan dari produk investasi abal-abal sepanjang 2008 hingga 2018, ternyata jumlahnya luar biasa. Tembus Rp88,8 triliun dalam sepuluh tahun. Luar biasa

Kepala Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi, Tongam L Tobing, mengakui, peminat investasi bodong cukup subur. Lantaran bunga tinggi nan tak masuk akal yang ditawarkan. Mirisnya lagi, korban investasi bodong banyak yang berpendidikan tinggi. "Masyarakat mudah tergiur bunga tinggi. Dan, korbannya ada yang berpendidikan tinggi. Jadi, pendidikan bukanlah utama," ujar Tongam di Jakarta, Jumat (5/4/2019).

Sejauh ini, masyarakat banyak yang belum paham tentang seluk-beluk produk keuangan dan investasi. Sehingga, banyak yang tertipu dengan berbagai tawaran return yang tinggi.

Kasus besar yang bikin heboh lantaran kerugiannya mencapai triliunan, adalah Pandawa Group. Di mana, kerugian mencapai Rp3,8 triliun dengan jumlah korban 549ribu orang. Modus lainnya adalah jasa travel umroh bodong, menimbulkan 164.757 korban dan menyebabkan kerugian hingga Rp3,04 triliun.

Masih ingat Dream Freedom yang menyedot duit 700ribu nasabah dengan total kerugain Rp3,5 triliun. Investasi Cakrabuana Sukses Indonesia bermarkas di Cirebon, menipu 170ribu korban dengan kerugian lebih dari Rp1 triliun. Dan masih banyak catatan lainnya. [ipe]

Komentar

Embed Widget
x