Find and Follow Us

Minggu, 25 Agustus 2019 | 01:52 WIB

Sekitar 100 Orang Ikuti Operasi Katarak Gratis BCA

Kamis, 11 April 2019 | 10:17 WIB
Sekitar 100 Orang Ikuti Operasi Katarak Gratis BCA
(Foto: Dok)

INILAHCOM, Bekasi - Sekitar 100 orang warga mengikuti operasi katarak yang digelar PT Bank Central Asia Tbk (BCA) secara gratis. Kali ini, kegiatan yang menjadi bagian program CSR Bakti BCA itu dilakukan di Rumah Sakit (RS) Masmitra Jati Makmur Bekasi, Rabu (20/3/2019).

Executive Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) BCA Inge Setiawati mengatakan, kegiatan tersebut merupakan wujud komitmen BCA untuk terus berkontribusi menjamin kesehatan mata yang lebih baik.

"Tahun ini merupakan tahun ke-18 BCA berupaya untuk mencegah kebutaan akibat penyakit katarak yang dapat menyerang siapa saja dan di rentang usia yang beragam. Melihat betapa pentingnya operasi katarak di setiap tahunnya, BCA melalui program CSR Bakti BCA terus berkomitmen untuk menjangkau lebih banyak daerah dan pasien yang membutuhkan pertolongan secara cepat dan tepat. Oleh sebab itu, BCA pada hari ini hadir di tengah masyarakat di Bekasi, yakni untuk bersama-sama mencegah kebutaan akibat katarak," urai Inge.

Inge hadir didampingi Kepala Pendukung Operasi Wilayah IX BCA Shyenny Lendra Putri dan Kepala Operasi Cabang KCU BCA Bekasi Reni Kesuma bersama Koordinator Administrasi SPBK Pusat Dr. Sita Paramita Ayuningtyas, SpM dan Direktur RS Masmitra Dr. Mira Puspitasari MARS.

Menurut data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI) per November 2018, di Indonesia terdapat sekitar 1 juta orang buta karena katarak. Sedangkan, berdasarkan Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB) rata-rata angka kebutaan di Indonesia sebanyak 3% untuk penduduk di atas usia 50 tahun.

"Seperti jendela jiwa, mata adalah panca indera yang penting bagi masyarakat agar dapat beraktivitas dengan optimal. Menyadari betapa signifikannya peran mata, maka BCA secara khusus ingin melakukan penanggulangan gangguan penglihatan karena penyakit katarak. Kami berharap, melalui operasi katarak gratis yang digelar pada hari ini dapat memberikan dampak positif jangka panjang khususnya bagi kesehatan masyarakat di Bekasi. Mari bersama-sama cegah kebutaan akibat katarak!" ujar Inge.

Sejak 2001 BCA telah bekerjasama dengan SPBK-Perdami. Sepanjang tahun 2018, BCA memfasilitasi 4.878 tindakan operasi katarak gratis. Selain menyelenggarakan operasi katarak gratis, pada tahun yang sama, BCA juga menyerahkan bantuan alat-alat operasi katarak seperti 2 buah mikroskop senilai Rp500juta.

Sedangkan pada tahun 2016, BCA juga menyumbangkan dua buah mikroskop senilai Rp500 juta. Pada tahun 2015 menyumbang 13 alat bantu operasi dan 2 alat biometri senilai Rp450,45 juta, serta 1 buah mikroskop senilai Rp385 juta pada tahun 2014.

Selain di RS Masmitra Jati Makmur Bekasi, BCA juga telah melaksanakan operasi katarak di RSUD dr. Achmad Diponegoro di Kabupaten Kapuas Hulu, beberapa waktu lalu.

Tak hanya kegiatan operasi katarak, BCA juga berkontribusi dalam kegiatan sosial lainnya, seperti Donor Darah, Pengobatan Gratis di berbagai daerah, edukasi kesehatan, serta pembinaan untuk pengurus desa wisata. [adv]

Komentar

x