Find and Follow Us

Kamis, 27 Juni 2019 | 04:05 WIB

Jelang Ramadan, Kementan: Harga Cabai Terkendali

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 12 April 2019 | 12:00 WIB
Jelang Ramadan, Kementan: Harga Cabai Terkendali
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi, memastikan persediaan dan harga cabai aman, menjelang Puasa Ramadan 1440 Hijriah.

"Untuk stok dan harga cabai saat ini masih aman," kata Agung seusai pelepasan operasi pasar di Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) Jakarta, Jumat (12/04/2019).

Bahkan, kata dia, harga cabai untuk tiga bulan kedepan bisa dikenalikan. Untuk itu dia yakin di bulan Ramadhan harga cabai bisa dikendalikan alias tidak mengalami kenaikan. "Tiga bulan kedepan kan cuaca stabil. Jadi sepertinya harga aman," ujar dia.

Mengutip Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) pada Jumat (12/4/2019), harga rata-rata cabai merah besar Rp 34.250 atau naik 1,03 persen dari harga sebelumnya. Sedangkan harga cabai rawit hijau juga mengalami kenaikan 0,46% dari harga sebelumnya. Adapun harganya saat ini adalah Rp 33.750.

Agung sebelumnya mengatakan, untuk menstabilkan harga cabai, kementan melakukan operasi pasar di 46 pasar yang tersebar di Jakarta. Kementan, kata dia, menggelontorkan 4 ton cabai merah keriting dengan harga Rp 18.000/kg.

Adapun kata Agung harga cabai merah di pasaran sekarang ini senilai Rp 25.000 /kg. Menurut dia, apabila jumlah itu kurang kedepan akan ditambah. "Pasokan komoditi yang dijual akan ditambah jika masih belum mencukupi tingkat permintaan masyarakat," kata dia.

Agung mengatakan, Kementan memiliki instrumen dalam upaya stabilisasi harga panga melalui Toko Tani Indonesia (TTI) dan TTI (Centre) yang berperan sebagai distribution center.

TTI dan TTIC memiliki aktivitas menyalurkan bahan pangan pokok ke konsumen langsung dengan harga terjangkau, namun kualitasnya tetap terjaga. "Dengan demikian, Kementan melalui TTI/TTIC turut berperan dalam upaya pemerintah menjaga kestabilan harga bahan pangan pokok yang pada akhirnya berkontribusi menurunkan inflasi," tegas Agung. [ipe]

Komentar

x