Find and Follow Us

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 01:53 WIB

Bos BKP: Harga Bawang Naik karena Cuaca

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 12 April 2019 | 13:45 WIB
Bos BKP: Harga Bawang Naik karena Cuaca
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Harga bawang merah dan putih di sejumlah pasar di Jakarta mengalami kenaikan signifikan. Bawang merah tembus Rp60 ribu/kg dan bawang putih Rp55 ribu/kg.

Membumbungnya bawang merah dan bawang putih diklaim karena ada masalah pada distribusi, yakni faktor cuaca. Begitu disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi. "Masalah sekarang kan, kita tahu cuaca. Cuaca ini yang mempengaruhi distribusi. Bukan soal produksi," kata Agung di Jakarta, Jumat (11/4/2019).

Agung memaparkan, kenaikan harga dua komoditas itu bukan karena stok barang menipis. "Aman banget. 90 ribu ton itu kan cukup untuk satu bulan," ungkap dia.

Guna menstabilkan harga, pihaknya pun melakukan operasi pasar untuk lima hari kedepan. Yakni periode 12-16 April 2019. Sebanyak 10 ton bawang merah dan 10 ton bawang putih digelontorkan pada operasi pasar periode ini.

"Operasi pasar ini perlu kami lakukan, karena melihat ada kecenderungan harga bawang merah dan bawang putih yang meningkat. Melalui operasi pasar, diharapkan harga bisa stabil dan kembali normal," terang dia.

Di sisi lain, kata Agung, Kementan akan mendorong para pengusaha untuk menyalurkan bawang merah dan bawang putih. Sebab, Kementan meyakini penyaluran stok dua komoditas pangan ini masih tersendat. "Distribusinya harus kita dorong. Kalau harga sudah tinggi, Kementan turun tangan. Artinya kita cari tahu di mana barangnya," ujar dia. [ipe]




Komentar

x