Find and Follow Us

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 01:55 WIB

Blok Pangkah Miliki Kandungan Minyak Bumi

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 12 April 2019 | 17:31 WIB
Blok Pangkah Miliki Kandungan Minyak Bumi
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar - (inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan, adanya penemuan cadangan minyak di Blok Pangkah. Namun jumlah potensi cadangan minyak belum diketahui jumlahnya.

Sebab, untuk mengetahi potensai dari cadangan minyak di blok ekspolari ini, kata Arcandra, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan KKKS. Nah saat ini, blok yang dikerjakan pemerintah dengan Saka Energi masih melakukan driling atau pengeboran.

"Potensinya (minyaknya) ada, tapi berapa besar setelah sumurnya dibersihkan seperti sekarang. Dibersihkan dulu, lalu baru ketahuan berapa potensinya," kata Arcandra di Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Nah, pengeboran yang tengah dilakukan adalah labotary dan appraisal. Menurut dia, dua pengeboran itu adalah teknik untuk melihat berapa volume cadangan tersebut.

"Ada gak oilnya keluar. Tapi berapa besarannya baru nanti. Setelah ini appraisal untuk menentukan berapa cadangannya, baru POD. Kalau sudah disetujui baru jadi proven reserve," ujar Dia.

Dia berharap proses ini bisa segera selesai. Karena dari segi teknikal, Blok Pangkah bukanlah sumur yang sulit.

Blok Pangkah memiliki kedalaman 9.000 kaki di bawah permukaan laut. Disamping itu, Saka Energi sendiri mempunyai rig yang cukup besar untuk melakukan pengeboran.

Untuk proses pengeboran aprraisal dua sumur Saka Energi akan menuntaskannya hingga akhir tahun. Pada awal 2020, Saka Energy harusnya bisa mengajukan Plan of Development (POD) Blok Pangkah untuk bisa melakukan produksi.[jat]

Komentar

x