Find and Follow Us

Kamis, 23 Mei 2019 | 03:14 WIB

B100 Jawaban Kampanye Negatif Sawit Merah Putih

Oleh : Indra Hendriana | Senin, 15 April 2019 | 15:50 WIB
B100 Jawaban Kampanye Negatif Sawit Merah Putih
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menyebut, penggunaan B100 untuk BBM kendaraan adalah jawaban kampanye negatif pada produk sawit Indonesia yang gencar dilakukan NGO asing dan Uni Eropa.

"Kami lawan dengan cara manfaatkan CPO kita sendiri, sehingga tepat solusi masa depan untuk sawit kita," kata Amran di kantornya, Jakarta, Senin (15/4/2019).

Dengan demikian, kedepan pemerintah tidak perlu memusingkan atas kampanye negatif itu. Sebab, kata dia, tentunya CPO akan diserap oleh dalam negeri dan tidak perlu diekspor ke luar negeri. Apalagi ke Uni Eropa. "Ini jawaban yang tepat untuk protes. Dari Uni Eropa. Ini adalah solusi terbaik untuk masa depan Indonesia bahkan utuk dunia," kata Amran.

Namun, Amran mengamini, pemakaian B100 ini baru tahap uji coba. Dan uji coba itu baru dilakukan Kementan. Tapi, lanjut Amran, hasil dari uji coba sejauh ini belum diketemukan permasalahan. Yang pasti, pihaknya berharap pemakaian B100 bisa cepat direalisasikan.

"Mudah mudahan bisa cepat. Selama dua tahun kita coba, kemudian kita tingkatkan penggunaan langsung untuk yang belum pernah menggunakan solar, tapi langsung B100. Mudah mudahna 3 tahun-5 tahun sudah bisa kita produksi massal," ujar dia.

Setelah dikomersilkan, tentu Kementan akan menyerahkan pada Kementerian atau lembaga terkait. "Nantinya kalau sudah dikomersialkan kita serahkan ke menteri perindustrian, kami sudah komunikasi tadi, dan menteri esdm kami sudah telepon tadi. Beliau juga minta staf ke sini," ujar dia. [ipe]

Komentar

x