Find and Follow Us

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 01:48 WIB

Candra: Pengembangan Kilang Cilacap Jalan Terus

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 19 April 2019 | 16:00 WIB
Candra: Pengembangan Kilang Cilacap Jalan Terus
Wakil Menteri ESDM, Archandra Tahar - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Menteri ESDM, Archandra Tahar menegaskan, pengembangan kilang Cilacap antara PT Pertamina (Perseo) dan Saudi Aramco, terus berjalan.

Dia mengakui. pengembangan kilang itu sudah dibahas dengan Presiden Joko Widodo, Kamis (18/4/2019)."Iya ada pembahasan kilang Cilacap (di Istana)," kata Arcandra di kantornya, Kamis (18/4/2019).

Namun begitu, dia enggan merinci yang jadi bahasan soal kilang Cilacap dengan Jokowi. Demikian juga die enggan merinci langkah yang akan dilakukan pemerintah untuk mempercepat proses pengembangan kilang tersebut.

Arcandra hanya memastikab pemerintah tetap berkeyakinan bahwa proyek kilang tetap berjalan. Adapun masalah yang dinilai masih jadi ganjalan untuk kelanjutan pengembangan kilang sedang dicarikan solusi dan akan segera diselesaikan dalam waktu dekat. "Kita dorong, semoga secepatnya," ujarnya.

Adapun batas waktu Pertamina dan Saudi Aramco untuk mencapai kesepakatan term and condition kerja sama pengembangan kilang Cilacap adalah hingga Juni 2019. Kesepakatan yang dimaksud adalah penetapan nilai valuasi aset.

Apabila sampai Juni nanti tidak tercapai kata sepakat dengan Saudi Aramco, Pertamina akan melakukan pengembangan Cilacap secara mandiri sambil menunggu partner baru. Namun konsekuensinya jika dijalankan sendiri akan membutuhkan waktu lebih panjang.

Kilang Cilacap merupakan salah satu dari tujuh jajaran unit pengolahan Pertamina di tanah air, yang memiliki kapasitas produksi terbesar yakni 348 ribu barrel per hari, dan terlengkap fasilitasnya. Kilang ini bernilai strategis karena memasok 34% kebutuhan BBM nasional atau 60% kebutuhan BBM di Pulau Jawa.

Setelah dilakukan pengembangan kompleksitas produksi kilang akan semakin meningkat tajam dengan standar NCI menjadi 9,4 dari sebelumnya yang hanya 4. [ipe]



Komentar

x