Find and Follow Us

Senin, 27 Mei 2019 | 17:36 WIB

B100 Berhasil Diuji Coba, Mentan Amran Optimis

Oleh : Ajat M Fajar | Selasa, 23 April 2019 | 16:38 WIB
B100 Berhasil Diuji Coba, Mentan Amran Optimis
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman - (inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan Indonesia telah melakukan lompatan yang jauh dalam penemuan energi baru terbarukan.

Sebab saat ini pihaknya sudah berhasil mengembangkan minyak sawit mentah (crude palm oil atau CPO) menjadi bio diesel atau B100.

"B 100 tahun ini pertama dalam sejarah dunia B100 di Indonesia, bukan di dunia, negara tetangga baru B10, B7 menuju B10 bahkan mungkin msh B7. Kita ini melakukan lompatan uji coba sudah 6000 kilometer mobil itu B100," kata Amran usai peresmian Museum Pertanian di Bogor.

Menurut dia, dengan pengembangan B100 ini diharapkan kedepannya Indonesia tidak akan kesulitan untuk mendapatkan energi baru terbarukan.

Amran yakin jika B100 nantinya bisa resmi dipasarkan secara umum nantinya akan menjadi sorotan dunia dan bahkan akan mengubah struktur ekonomi yang berjalan saat ini.

"Jadi kita melompat, kalau itu yang terjadi kira-kira bagaimana dunia, ada berubah struktur ekonomis bisa terjadi. Kenapa? Kita hentikan impor solar tapi satu sisi kita kurangi ekspor CPO dan menggunakan untuk energi kita sendiri, kira-kira apa yang terjadi dengan negara lain? anda yang tebak," ungkapnya.

Meski begitu, Amran masih belum bisa memastikan kapan B100 yang sudah dikembangkan saat ini bisa dipasarkan secara umum. Sebab saat ini pihaknya masih terus melakukan uji coba terhadap B100 tersebut.

"Mudah-mudahan lebih cepat. Kita berharap lebih cepat, karena ini energi masa depan kita. Yang kita syukuri bahwa kita sudah menunjukkan eviden, sudah menunjukkan bukti bahwa kita bisa merealisasikan B100, energi baru terbarukan. Itu jujur, itu yang menbuat saya bersyukur karena sudah 6000 kilometer (diuji coba pada kendaraan)," katanya.[jat]

Komentar

x