Find and Follow Us

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 01:57 WIB

Kilang Langit Biru Cilacap Segera Beroperasi

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 25 April 2019 | 18:18 WIB
Kilang Langit Biru Cilacap Segera Beroperasi
(Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Pertamina (Persero) akan mengoperasikan kilang Proyek Langit Biru Cilacap pada tahun 2019 ini. Pembangunan kiliang sudah mencapai 93,75% dan persiapan pra komisioning.

Menurut Direktur Megaproyek Pengolahan dan PT. Petrokimia Pertamina Ignatius Tallulembang fasilitas pengolahan minyak tersebut akan menghasilkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax 92. "PLBC (Proyek Langit Biru) Cilacap selesai tahun ini," kata Tallulembang, di Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Lette, sapaan akrabnya, menjelaskan, dengan program ini, kilang yang sebelumnya menghasilkan BBM jenis Premium diubah menjadi menghasilkan Pertamax. Minyak mentah yang diolah dari dari kilang PLBC menghasilkan 2.100 ton Pertamax per hari. "Meningkatkan produksi Pertamax, kita hasilkan Pertamax 100 persen. Kita konvert Premium Kita ubah menghasilkan Pertamax," kata dia.

Lette mengungkapkan, Pertamax hasil produksi PLBC akan disalurkan di dalam negeri. Namun menyesuaikan permintaan pasar. Jika berlebih akan dijadikan campuran High Octane Mogas Component (HOMC). "Kita melihat pasar. Mungkin Kita blending dengan HOMC," tuturnya.

Adapun dalam membangun PLBC Pertamina memilih kontraktor JGC Corporation. Proyek ini adah kelannjutan dari Residual Fluid Catalytic Cracking (RFCC) yang telah tuntas dan beroperasi sejak 2015, dengan nilai investasi US$ 392 juta. [ipe]

Komentar

x