Find and Follow Us

Selasa, 24 September 2019 | 16:57 WIB

Inflasi April 0,35%, Bulan Puasa Bakal Naik Lagi

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 26 April 2019 | 17:40 WIB
Inflasi April 0,35%, Bulan Puasa Bakal Naik Lagi
(inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat inflasi bulan April 2019 sampai minggu keempat sebesar 0,35%. Angka ini didapatkan oleh BI setelah melakukan Survei Pemantauan Harga (SPH).

Sementara inflasi tahunan April 2019 sebesar 2,74% (year on year/yoy), dan inflasi tahun kalender Januari-April 2019 sebesar 0,71% (year to date/ytd). Kata Gubernur BI Perry Warjiyo angka ini masih rendah.

"Dengan melihat angka inflasi ini maka masih tetap rendah," kata Perry saat jumpa pers di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019).

Adapun inflasi terjadi, kata dia, lantaran dipicu oleh kenaikan beberapa komoditas. Yakni bahan makanan seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai. Namun beras mengalami penurunan harga atau deflasi.

"Selain itu juga, ada inflasi dari angkutan udara," katanya.

Perry mengamini bulan Ramadan yang jatuh pada bulan Mei sampai Juni, inflasi akan mengalami kenaikan. Tapi ia yakin inflasi tahun ini terjaga atau bakal lebih rendah dari bulan ramadhan tahun lai. Ini karena upaya menjaga ketersediaan pasokan pangan.

"Insya Allah inflasi bulan Ramadan tahun ini akan lebih rendah di tahun lalu," ujar dia.

Maka dengan inflasi yang tetap terjaga itu, Perry memperkirakan hingga akhir tahun inflasi bisa akan sesuai target BI yang 3,5% plus minus 1%. Sehingga ini akan memberikan dampak positif bagi pergerakan ekonomi Indonesia karena membuat daya beli masyarakat terus terjaga.

"Perkiraan BI inflasi hingga akhir tahun bisa mengarah ke 3,1%," ujar dia.[jat]

Komentar

Embed Widget
x