Find and Follow Us

Minggu, 25 Agustus 2019 | 06:10 WIB

BI Ramal Inflasi Sepanjang 2019 Sebesar 3,1 Persen

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 26 April 2019 | 18:31 WIB
BI Ramal Inflasi Sepanjang 2019 Sebesar 3,1 Persen
(inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Bank Indonesia (BI) meramalkan inflasi pada tahun 2019 ini hanya 3,1%. Angka tersebut lebih rendah dari realisasi inflasi sepanjang tahun 2018 sebesar 3,17% secara tahunan.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, pihaknya berkeyakinan inflasi di angka tersebut karena inflasi pada Ramadan dan Idul Fitri tahun ini diyakini terkendali. Demikian juga harga kebutuhan akan naik tapi terkendali.

"Insya Allah inflasi di bulan Ramadan tahun ini akan lebih rendah dari tahun lalu. Sehingga, kenapa akhir tahun ini kita perkirakan inflasinya itu lebih rendah dari 3,5 persen, perkiraan kami bisa mengarah ke 3,1 persen," kata Perry di kantornya, Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Meski tak merinci proyeksi inflasi bulan Ramadan dan Idul Fitri tahun ini, Perry menegaskan bahwa angkanya akan lebih rendah dari inflasi pada periode yang sama ditahun sebelumnya, yaitu sebesar 0,21 persen.

"Biasanya dibulan Ramadan ada kenaikan. Tapi, dengan keterjagaan pasokan pangan, InsyaAllah inflasi di bulan Ramadan tahun ini akan lebih rendah dari tahun lalu," ujar dia.

Menurut dia, itu disebabkan komitmen pemerintah sangat kuat untuk menjaga ketersediaan pasokan barang, khususnya bahan-bahan pokok. Di samping juga koordinasi Tim Pengendali Inflasi Pusat dan Daerah terus memastikan bahwa harga-harga, khususnya pangan, akan tetap rendah dan terkendali.

"Kita juga mencermati inflasi yang terkait angkutan udara, tentu saja kami juga mengimbau kepada masyarakat jauh-jauh hari merencanakannya (pembelian) sehingga memang tidak menjadi tekanan inflasi yang tinggi dari sisi tarif angkutan udara," kata dia.[jat]

Komentar

Embed Widget
x