Find and Follow Us

Kamis, 19 September 2019 | 19:04 WIB

Menteri LHK Ajak Para Dubes ASEAN Tinjau BMKG

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 2 Mei 2019 | 17:23 WIB
Menteri LHK Ajak Para Dubes ASEAN Tinjau BMKG
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya, mengajak para Dubes/Wakil Tetap untuk ASEAN berkunjung ke BMKG di Kemayoran, Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Ajakan para Dubes ASEAN untuk melihat kapasitas Indonesia sangat tinggi dalam hal peramalan meteorologi, klimatologi, dan geofisika. "Ini hendaknya menjadi pertimbangan dalam menentukan penempatan ASEAN Coordination Centre for Transboundary Polution Control," kata Siti dalam keterangan resmi, Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Antara BMKG dan KLHK selama ini juga telah terjalin kerjasama. Dari hasil observasi BMKG menunjukkan bahwa tingkat hotspot di Indonesia turun tajam dari 50.995 titik api di tahun 2015, menjadi 1.781 di tahun 2017.

Dalam kunjungan ini para Dubes ASEAN mendengar secara langsung dalam waktu 20 menit di dalam pusat pemantauan, Indonesia Tsunami Early Warning System mengumumkan ada tiga kali kejadian gempa di Indonesia. "Kami juga mencoba simulator gempa," katanya.

Kunjungan ini akan dilanjutkan ke dua best practice lain, yaitu Intelligence Centre KLHK, dan pengelolaan sampah di tingkat tapak, yaitu Pusat Daur Ulang Jambangan dan Bank Sampah Girly di Surabaya.[jat]

Komentar

x