Find and Follow Us

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 23:12 WIB

Puasa Hingga Lebaran, 43 Pasar DKI Dibidik OP

Oleh : M Fadil Djailani | Rabu, 8 Mei 2019 | 14:15 WIB
Puasa Hingga Lebaran, 43 Pasar DKI Dibidik OP
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah terus berkomitmen untuk tetap menjaga kestabilan harga dan bahan pokok yang mencukupi sepanjang Bulan Puasa Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah menggelar Operasi Pasar (OP) pangan murah, di sejumlah titik di wilayah DKI Jakarta. Seperti hari ini (Rabu, 8/5/2019), Kementerian Pertanian menggelar OP telur ayam murah di 7 titik lokasi pasar di wilayah DKI Jakarta.

Di mana, OP ini bertujuan untuk menurunkan harga telur ayam yang saat ini harganya mencapai Rp26 ribu per kilo, padahal biasanya harga sekilo telur ayam hanya Rp23 ribu per kilo.

"Di Jakarta, kita siap lakukan di 43 pasar. Di mana ada kenaikan, kita lari ke situ," kata Manajer Toko Tani Indonesia (TTI) Inti Pertiwi Naswari saat dijumpai di Pasar Tebet Barat, Jakarta Selatan, Rabu (8/5/2019).

Menurut Inti, saat ini, harga rata-rata telur ayam di sejumlah pasar di DKI Jakarta terbilang cukup mahal dengan rentan harga Rp26 ribu per kilo, maka dari itu Kementerian Pertanian bersama dengan TTI langsung melakukan OP untuk bisa menstabilkan harga.

"Kenaikannya sudah Rp3 ribu per kilogram. Itu di pasar, kalau di eceran lain sudah ada yang Rp28 ribu. Kalau dibiarkan, akan naik terus. Kita sudah punya harga acuan, masak kita biarkan dia melambung," ucapnya.

Ia mengatakan, mekanisme pemilihan lokasi operasi pasar mengacu pada pergerakan harga di masing-masing pasar. Jika harga sudah stabil, operasi akan disetop. Namun, jika belum menunjukkan penurunan, operasi terus dilakukan sembari mengawasi kondisi harga di tingkat peternak.

Informasi saja, dalam OP ayam telur murah ini, Pemerintah melalui Kementerian Pertanian mendatangkan tujuh ton ayam telur ras dalam operasi pasar yang digelar di tujuh titik di antaranya Pasar Petojo Ilir, Pasar Glodok, Pasar Pluit, Pasar Palmerah, dan Pasar Pulo Gadung.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman ditempat yang sama mengatakan, OP telur ayam akan berjalan selama Ramadhan hingga Lebaran di sejumlah sentra yang menjual telur ayam dengan harga di atas Rp23 ribu per kilo. "Operasi ini terus berjalan sampai harga telur ayam stabil sesuai yang diharapkan pemerintah, produsen, pengusaha, dan konsumen," kata Amran.


Komentar

x