Find and Follow Us

Senin, 17 Juni 2019 | 04:58 WIB

Tiket Pesawat Mahal, Menteri Jokowi Kurang Cerdas

Kamis, 9 Mei 2019 | 04:09 WIB
Tiket Pesawat Mahal, Menteri Jokowi Kurang Cerdas
Anggota Komisi X DPR, Anang Hermansyah - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi X DPR, Anang Hermansyah ikut urun rembug terkait masih mahalnya harga tiket pesawat terbang. Kondisi ini jelas memberatkan rakyat serta bisnis pariwisata, hotel serta industri kreatif di daerah.

Dalam rilis kepada media di Jakarta, Rabu (8/5/2019), politisi muda PAN asal Jember, Jawa Timur ini mengatakan, kenaikan harga tiket pesawat terbang, selama setahun terakhir akan memberi dampak ke berbagai sektor seperti pariwisata, perhotelan termasuk ekonomi kreatif yang tersebar di sejumlah daerah. "Pemerintah harus bisa membuat terobosan yang konkret," tegas musisi papan atas yang banting setir menjadi politisi ini.

Kata Anggota Komisi X DPR ini, pemerintah harus bisa menurunkan harga tiket pesawat. Lantaran memiliki efek domino yang luar biasa terhadap berbagai sektor. "Paling nyata dirasakan terjadi di sektor pariwisata, perhotelan, dan ekonomi kreatif," ucap Anang.

Selanjutnya, alumni Unisba Bandung yang sempat menggawangi grup band La Villa dan Kidnap ini, mengatakan, Badan Pusat Statistik (BPS) pada awal Mei merilis penurunan penumpang pesawat sebesar 1,7 juta penumpang dalam kurun satu tahun terakhir. Situasi ini jelas memberi dampak negatif yang konkret terhadap industri pariwisata di tanah air. "Penurunan penumpang pesawat cukup drastis. Ini memberi dampak penurunan jumlah wisatawan di tanah air," ucap Anang.

Anang menambahkan, situasi semakin krusial di saat momentum mudik lebaran dan liburan anak sekolah yang jatuh pada akhir Mei dan awal Juni. Kendati demikian, Anang menyebutkan masyarakat memiliki opsi penggunaan moda transportasi selain pesawat. "Karena momentum mudik lebaran ke kampung halaman akan berdampak transfer ekonomi dari kota ke desa baik melalui sektor wisata, kuliner dan sektor kreatif lainnya," tambah Anang.

Dia berharap, pemerintah dapat membuat terobosan terkait persoalan harga tiket pesawat yang melambung tinggi. "Harus ada terobosan konkret untuk menurunkan harga tiket pesawat. Banyak sektor yang terdampak konkret atas kenaikan harga tiket pesawat ini," tandas Anang. [ipe]


Komentar

x