Find and Follow Us

Kamis, 19 September 2019 | 12:16 WIB

Pertamina Tak Lagi Impor Avtur dan Solar

Oleh : Indra Hendriana | Rabu, 15 Mei 2019 | 01:06 WIB
Pertamina Tak Lagi Impor Avtur dan Solar
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati - (Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengklaim, pihaknya sudah tidak lagi mengimpor avtur dan solar untuk penuhi kebutuhan dalam negeri.

Menurut dia, kebutuhan avtur dan solar nasional bisa dipenuhi hasil produksi dari kilang Cilacap, Jawa Tengah. Kata Nicke, perseroan sudah tidak mengimpor sejak bulan April tahun 2019 untuk avtur.

PT Pertamina (Persero) mengklaim sudah tidak mengimpor avtur dan solar, untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Hal ini merupakan hasil dari optimalisasi pengoperasian kilang.

"Mulai April kami sudah nggak lagi impor avtur, selama ini setiap tahun rata-rata antara 8-10 juta impor, dengan kita optimalkan kilang," kata Nicke, saat rapat dengan Komisi VII DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Sementara untuk solar, pihaknya sudah tidak mengimpor dari bulan Mei 2019 ini. Menurut dia, ini merupakan dampak dari pelaksanaan program campuran 20 persen biodiesel dengan solar (B20) dan mengoptimalkan pengoperasian kilang Plaju.

"Solar mulai Mei kita juga sudah nggak perlu lagi impor, selama ini impor berkisar 12-15 juta barel, nah jadi ini kita per Mei," ujar dia.

Kemudian, secara bertahap Pertamina akan mengurangi impor produk BBMnya, dengan mengoptimalkan masing-masing kilang dalam memproduksi produk BBM. Saat ini Pertamina sedang melaksanakan program peremajaan kilang dan pembangunan kilang baru.

"Bertahap nanti kita coba optimalkan volume maupun jenis produk untuk masing-masing kilang mana yang kemudian kita bisa mandiri sehingga nanti nggak perlu impor. kita coba amankan yang demandnya cukup tinggi," ujar dia.[jat]

Komentar

Embed Widget
x