Find and Follow Us

Rabu, 26 Juni 2019 | 14:25 WIB

YBM PLN Salurkan Bantuan ke Sulawesi bagian Utara

Selasa, 21 Mei 2019 | 17:20 WIB
YBM PLN Salurkan Bantuan ke Sulawesi bagian Utara
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ramadan adalah bulan penuh berkah, PLN Regional Sulawesi melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) pada puasa ke-15 menyalurkan dana zakat yang terkumpul kepada 8 asnaf (golongan) penerima zakat.

Totalnya ada 3.000 penerima manfaat yang tersebar di 3 propinsi di Sulawesi Bagian Utara, yaitu : Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo. Total nilai bantuan yang disalurkan melalui YBM PLN Unit Induk Pembangunan Sulawesi Bagian Utara (UIP Sulbagut) & PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UIW Suluttenggo) kali ini mencapai 750 juta rupiah.

Direktur Bisnis Regional Sulawesi PLN, Syamsul Huda, menyerahkan secara simbolis bantuan YBM PLN kepada 150 perwakilan penerima manfaat, Senin (20/5/2019) di Manado, pada acara Buka Puasa Bersama PLN Regional Manado dengan Anak Yatim & Dhuafa. Hadir pada kesempatan ini, Manajemen PLN Regional Sulawesi, GM PLN UIP Sulbagut, Sigit Witjaksono dan GM PLN UIW Suluttenggo, Christyono dan seluruh pegawai PLN Regional Manado dan tamu undangan.

"Sudah menjadi kewajiban kepada kita sekalian, pegawai muslim yang ada di PLN untuk membayarkan 2,5% zakat mall dari penghasilan yang diterima setiap bulannya melaui YBM PLN. Kumpulan zakat pegawai PLN inilah yang selanjutnya disalurkan untuk membantu meringankan beban para anak yatim dan dhuafa, serta mereka yang masuk dalam 8 asnaf penerima manfaat" pesan Direktur Bisnis Regional Sulawesi PLN, Syamsul Huda.

Syamsul Huda dalam kesempatan yang sama juga mengajak seluruh pegawai PLN Regional Manado untuk senantiasa bekerja dengan penuh dedikasi dan energi optimisme dalam melayani kelistrikan di Sulawesi, termasuk dalam menghadirkan layanan listrik 24 jam di beberapa daerah yang tergolong remote area yaitu daerah terisolir secara sistem listriknya atau yang jauh dari jaringan eksisting PLN (isolated).

"Tahun 2018, di seluruh Sulawesi kita berhasil mewujudkan rasio desa berlistrik 100%. Masih ada tugas berat lainnya menanti di tahun 2019. Sejumlah daerah selama ini baru terlayani listrik PLN dengan jam.operasi harian selama 6 atau 12 jam. Kita masih harus tetap bekerja lebih ekstra lagi, dan harus selalu optimis, bahwa upaya kita menghadirkan layanan listrik selama 24 jam akan tuntas di akhir 2019 nanti" ajak Syamsul Huda.

Sementara itu, Lukman (10 tahun), salah satu anak yatim penerima bantuan beasiswa pendidikan dari YBM PLN, tampak wajahnya begitu ceria dan bahagia tak kuasa menahan haru menyampaikan rasa haru dan syukur kepada Allah SWT atas bantuan yang Lukman terima dari PLN. "Alhamdulillah, terima kasih kepada PLN atas rizqi yang saya terima hari ini. Semoga Allah SWT melindungi bapak-bapak PLN selama bekerja", ujar Lukman.

YBM PLN telah melaksanakan sejumlah program untuk menyalurkan dana zakat maal, diantaranya : pemberian beasiswa pendidikan, bantuan guru Taman Pendidikan Al-quran (TPA), bantuan operasional pesantren, bantuan dakwah, pemberdayaan ekonomi pesantren.[ipe]

Komentar

x